WhatsApp Image 2021-03-11 at 13.06.29

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. H. Budi Waseso yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kwarnas Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Mayjen TNI Dr. Bachtiar S.IP., M.A.P, pada Rabu (10/3/2021) sore menutup secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka Tahun 2021 dari Aula Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta.

Sebelumnya telah dilaksanakan Sidang Pleno akhir, membacakan Hasil Rakernas 2021 oleh Kak Adi Pamungkas yang dilanjutkan dengan penyerahan hasil Rakernas 2022 secara resmi kepada Waka Kwarnas/Ketua Komisi Orgakum selaku Ketua Pelaksana Rakernas Tahun 2021, Dr. Chairul Huda, SH, MH. untuk ditindaklanjuti.

Kak Bachtiar di awal sambutannya menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Kak Budi Waseso, karena pada saat yang bersamaan ada rapat terbatas dengan menteri yang tidak dapat ditinggalkan, terkait jabatannya sebagai Dirut Perum Bulog.

Ketua Kwarnas dalam sambutan yang dibacakan oleh Kak Bachtiar kembali menyampaikan sesuai arahan Menpora RI, Zainudin Amali kepada kita semua bahwa perjalanan waktu dalam sejarah, organisasi-organisasi kepanduan, pemerintah mengakui hanya ada satu organisasi kepanduan di Indonesia yakni organisasi Gerakan Pramuka.

“Saya perlu sampaikan, supaya tidak ada keraguan sedikit pun dari tingkat nasional sampai ke daerah. Sejarah telah membuktikan kepada kita, hanya dengan kita bersatu, maka cita-cita dan gerakan untuk memajukan bangsa ini dapat segera terwujud”, ungkap Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Budi Waseso.

Terkait arahan Presiden yang disampaikan Menpora RI, Kak Budi Waseso menegaskan Gerakan Pramuka tetap berkomitmen untuk terus mengembangkan Gerakan Kedisiplinan Nasional dan Gerakan Kepedulian Nasional. Dua hal ini yang tetap menjadi pedoman kita untuk kita implementasikan di lapangan.

Upaya-upaya Pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang perlu dukungan dari semua pihak, Kak Budi Waseso secara tegas menyampaikan bahwa seluruh  warga Gerakan Pramuka harus menjadi yang terdepan dalam memberikan dukungan terhadap upaya pemerintah dengan langkah langkah yang telah kita lakukan selama pandemi dan terus untuk ditingkatkan.

“Ke depan program-program masih tetap diarahkan dalam penanganan pandemi Covid-19, sehingga  kehadiran Gerakan Pramuka di tengah-tengah masyarakat, akan menjadi harapan untuk segera memulihkan kesehatan masyarakat dan juga membangkitkan kembali ekonomi yang sempat terpuruk sebagai dampak dari pandemi Covid-19 ini”,  kata Kak Budi Waseso.

Kak Budi Waseso menyebutkan satu hal yang sederhana namun nyata yang dapat dilakukan Gerakan Pramuka, yakni menyampaikan narasi-narasi yang positif di tengah masyarakat dan juga membangkitkan rasa kepercayaan diri serta optimisme di tengah-tengah masyarakat.

“Kita adalah bangsa yang besar, kita adalah bangsa yang kuat, kita adalah bangsa yang maju, dengan kehadiran Gerakan Pramuka kita menjadi lebih kuat dan lebih maju lagi”, tegas Kakwarnas.

Di forum Rakernas 2021 juga diputuskan tuan rumah Munas XI Gerakan Pramuka Tahun 2023 yakni Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Aceh.

“Saya mengucapkan selamat kepada Kwarda Aceh, dan berharap persiapan-persiapan untuk menyukseskan Munas tersebut sudah dapat dimulai dari sekarang”, kata Ka Kwarnas.

Demikian juga Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya Nasional,  8-15 November 2021 mendatang tentu juga harus dipersiapkan dengan matang, agar tema yang diusung Kwarnas ”Berbakti Tanpa Henti” benar-benar dirasakan oleh semua pihak

“Saya mengakui bahwa masih banyak tantangan yang akan kita hadapi. Namun dengan semangat persaudaraan dan tekad untuk maju bersama, saya percaya bahwa kita dapat mengatasi tantangan-tantangan yang ada, sebaik mungkin,” pungkas Kak Budi Waseso.

***

Teks: Saiko Damai
Foto: Siswanto

Share and Enjoy !