sukarno hari pramuka

Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Organisasi dan Hukum, Dr. Chairul Huda, MH pada Jum’at (19/2/2021) sore memimpin Rapat Persiapan Rakernas Gerakan Pramuka 2021 secara daring dan luring di Aula Agus Salim, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta.

Kak Huda mengemukakan bahwa Pembukaan Rakernas Gerakan Pramuka Tahun 2021 yang bertepatan dengan Hari Tunas menjadi mementum bagi Gerakan Pramuka  untuk saling menguatkan bahwa Gerakan Pramuka satu satunya organisasi kepanduan di Indonesia.

“Pada 9 Maret 1961 di Istana Negara, Presiden pertama RI, Ir. Soekarno menegaskan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui, metode dan aktivitas pendidikan harus diganti, seluruh organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang kemudian disebut Pramuka,” ujar Kak Huda.

 “Saya sebagai Presiden, Sebagai Panglima Tertinggi, Sebagai Mandataris, sebagai Peperti, Sebagai Pemimpin Besar Revolusi, sebagai yang diberikan title itu kepada saya oleh MPRS, memerintahkan sekarang kepada seluruh kepanduan Indonesia, untuk meleburkan diri dalam satu organisasi baru yang bernama “Gerakan Pramuka”, ujar Bung Karno di Istana Merdeka, Kamis 9 Maret Pukul 20.00 WIB.

“Oleh karenanya, Rakernas Gerakan Pramuka yang diselenggarakan tanggal 9-10 Maret 2021 secara daring dan luring menjadi penguat dan semangat kita untuk terus menunjukkan jatidiri bahwa Gerakan Pramuka menjadi satu satunya organisasi kepanduan di tanah air,” tandas Kak Huda.

Dijadwalkan juga dalam acara Rakernas Gerakan Pramuka itu akan diluncurkan logo 60 tahun Gerakan Pramuka.

Ikut hadir dalam rapat tersebut, Kak Triadi P Suparta (Annas Orgakum), Kak Guritno (Kapusinfo), Kak. Agus Ridallah (Annas Orgakum), jajaran staf Kwarnas dan para Annas yang hadir melalui daring.

***

Teks dan Foto: Saiko Damai

Share and Enjoy !