anis-buwas-siswanto-

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso menyebutkan Kwarda yang terletak di ibu kota, DKI Jakarta memegang peranan penting untuk membantu kemajuan Gerakan Pramuka. Apalagi saat ini kita memasuki usia ke-60 Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka dilahirkan di Jakarta, dengan ditandai penyerahan Panji Gerakan Pramuka oleh Presiden Soekarno kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada 14 Agustus 1961. Tanggal yang kemudian tercatat dalam sejarah sebagai Hari Pramuka, tambah Ketua Kwartir Nasional, Kak Budi Waseso saat melantik Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka DKI Jakarta di Balai Kota, Selasa (23/3/2021) pagi.

Kak Budi Waseso menyebutkan bahwa setelah penyerahan, Panji Gerakan Pramuka kemudian dibawa dengan penuh semangat dalam arak-arakan berjalan kaki oleh para Pramuka.

Kak Budi Waseso berharap semangat yang dilakukan para anak muda Jakarta yang tergabung dalam Gerakan Pramuka saat mengarak Panji Gerakan Pramuka saat itu tetap tertanam dalam diri kakak-kakak semua, yaitu semangat untuk memajukan Gerakan Pramuka, sebagai organisasi pendidikan nonformal yang membantu membentuk karakter kaum muda melalui kegiatan-kegiatan kepramukaan.

“Termasuk semangat untuk terus berbakti tanpa henti oleh para Pramuka di DKI Jakarta, sejalan dengan tema peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka. Tema tersebut adalah Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional seraya mengajak semua untuk terus berbakti tanpa henti, sesuai dengan kemampuan kita masing-masing”, ungkap Ketua Kwarnas.

Ketua Kwarnas, Kak Budi Waseso berharap agar Mabida DKI Jakarta yang dipimpin oleh Gubernur Anies Baswedan, dapat terus memberikan bantuan yang diperlukan untuk memajukan Gerakan Pramuka, dan itu semua saya yakin Kwarda DKI Jakarta, di bawah pimpinan Kak Fadjar Panjaitan, serta dengan bimbingan, dukungan dan fasilitas yang disedialan Kak Anies Baswedan.

Ikut hadir dalam acara pelantikan itu, Sekretaris Jenderal Kwarnas, Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar S.IP., M.A.P, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Orgakum, Kak Dr. Chairul Huda, SH, MH, Bendahara Kwarnas, Kak Afan Anugroho serta para pejabat Pemprov DKI Jakarta.

***

Teks: Saiko Damai
Foto: Siswanto

Share and Enjoy !