WhatsApp Image 2021-03-07 at 12.51.46

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menaruh harapan besar agar kegiatan Perkemahan Wirakarya tingkat Nasional (PWN) dapat tetap dilaksanakan. Oleh karena itu Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tetap menghimbau kepada tuan rumah penyelenggara, yaitu Kwarda Gerakan Pramuka Jambi untuk melakukan  persiapan-persiapannya.

“Bila karena situasi dan kondisi tidak dapat dilakukan penuh secara tatap muka, peksanaan PWN itu mungkin sebagian bisa dilaksanakan secara daring (dalam jaringan), menggunakan koneksi internet dan peralatan komputer,” ujar Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso dalam sambutanya yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kwarnas, Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar S.IP., M.A.P di depan peserta Sidparnas Dewan Kerja Nasional dan Dewan Kerja Daerah seluruh Indonesia, Minggu (7/3/2021) pagi.

Kak Budi Waseso menyebutkan bahwa kegiatan bakti seperti PW merupakan bagian dari pelaksanaan amanat Bapak Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Mabinas.

“Apalagi Perkemahan Wirakarya itu sejalan dengan slogan peringatan Hari Pramuka ke-60 yang akan kita rayakan bersama tahun ini, yaitu “Berbakti Tanpa Henti”, ungkap Kak Budi Waseso.

“Apalagi Perkemahan Wirakarya itu sejalan dengan slogan peringatan Hari Pramuka ke-60 yang akan kita rayakan bersama tahun ini, yaitu “Berbakti Tanpa Henti”, ungkap Kak Budi Waseso.

“Gerakan Pramuka memang bukan organisasi sosial, dalam arti memang fokus utamanya melakukan berbagai kegiatan bakti dan bantuan sosial. Namun sebagai mempersiapkan diri dan melaksanakan bakti untuk membangun masyarakat adalah bagian penting dalam pendidikan kepramukaan,” tambah Ketua Kwarnas.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka mengajak Pramuka Penegak dan Pandega untuk terus ikut mewujudkan dua gerakan yang telah diarahkan oleh Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

Ketua Kwarnas mengajak Pramuka Penegak dan Pandega untuk terus ikut mewujudkan dua gerakan yang telah diarahkan oleh Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

Kedua gerakan itu, adalah Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan selalu memperhatikan dan mengikuti protokol kesehatan, dan Gerakan Kepedulian Nasional dengan selalu peduli dan siap membantu mereka yang membutuhkan pertolongan.

“Bila kedua gerakan itu dilakukan, kita bukan hanya dapat membantu menanggulangi pandemi Covid-19,. Tetapi juga menumbuhkan sikap kerelawanan yang menjadi salah satu hal penting dalam pendidikan karakter dalam organisasi kita ini.”

***

Teks: Saiko Damai
Foto: Siswanto

Share and Enjoy !