Hari Pramuka ke-59

Tahun ini komisi Pengabdian Masyarakat (Abdimas) sibuk selalu. Belum kelar mengurusi korban bencana banjir dan tanah longsor, muncullah virus Covid-19. Kegiatan Abdimas tidak berhenti meski harus WHF atau DiRumahSaja. 

Koordinasi pimpinan Kwarda yang menangani  Abdimas ke Indonesia rutin dilakukan tiap bulan via zoom. Webinar untuk Pramuka Peduli pun ada.  Kemasan acara ngobrol, berupa dialog santai pun digelar menggunakan aplikasi zoom. 

Pada hari Sabtu malam (15/8/2020) adalah sesi terakhir dialog santai yang digelar dua hari dalam rangka Hari Pramuka ke-59. Rencana awal ada 12 materi untuk webinar tersebut, tapi hanya 9 materi yang terlaksana. Meskipun demikian obrolan santai ini pun bermanfaat. Permasalahan yang terjadi di tingkat Gudep, Kwarran maupun Kwarcab terlihat dari sumbernya langsung.

Kata Kak Saul Saleky, andalan nasional Komisi Abdimas yang menjadi moderator acara, tujuan webinar ini ada dua. Pertama, untuk memberikan pemahaman tentang kesiapan Gerakan Pramuka dalam memasuki era kenormalan  baru. Kedua, untuk menjalin silaturahmi di antara anggota Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia.

Hari Pramuka ke-59

Materi selama dua hari di antaranya:

1.AKB dan Tata Kelola Organisasi Gerakan Pramuka (Kak Dr. Chairul Huda, SH., MH, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Orgakum)

2.Peran Anggota Dewasa Gerakan Pramuka dalam Penerapan AKB (Kak Topari, M.Si., Annas/ Sekretaris Komisi Binawasa)

3.AKB dan Perencaaan Kegiatan Kepramukaan (Kak Prof. Dr. Jana T.A., M.Sc. Apt., Waka Kwarnas/Ketua Komisi Renbang)

4.Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan :  Sarana Pembudayaan AKB (Kak Dr. Joko Mursitho, Kepala Pusdiklatnas).

5.Komunikasi, Informasi, dan Edukasi AKB (Kak Berthold D.H. Sinaulan, SS., Waka Kwarnas/Ketua Komisi Humas dan Kominfo)

6.Peran Anggota Saka dan Sako dalam Penerapan AKB (Kak Laksda TNI (Purn) Kingkin Suroso, SE., Waka  Kwarnas/Ketua Komisi KAKOMA)

7.Penanaman Nilai Bela Negara Melalui AKB (Kak Brigjen TNI (Purn) Hasto Pratisto Yuwono, S.IP., Waka Kwarnas/Ketua Komisi Bela Negara)

8.Penerapan AKB di Unit Usaha Gerakan Pramuka (Kak Yulius, ST., Waka Kwarnas/Ketua Komisi Aset dan Usaha)

9.Peningkatan Peran Relawan Pramuka Peduli dalam Pelaksanaan  AKB (Kak Bambang Sasongko, Annas/Anggota Komisi Abdimas)

Peserta webinar secara keseluruhan berjumlah 676 orang dari 30 Kwartir Daerah. Peserta terbanyak berasal dari Kwartir Daerah Jawa Tengah sebanyak 215 orang dan Jawa Timur, sebanyak 115 orang.

“Masa pandemi ini kita lakukan 5 gatra. Pertama, taat protokol kesehatan. Seperti pakai masker dan jaga jarak ya minimal 1.5 meter. Kedua, lakukan PHBS, seperti membawa  hand sanitizer dan lerlengkapan makan sendiri. Ketiga mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Keempat, asupan yang kita makan, gizinya sudah cukup untuk tubuh kita? Sudahkan kita minum vitamin? Gatra terakhir Olga. Ya olahraga itu kita bergerak hingga keluarkan keringat,” kata Kak Kokok (Bambang Sasongko), andalan nasional yang mewakili Kak GKR Mangkubumi.

Oh iya, aksi Pramuka Peduli bukan hanya saat musibah seperti: bencana banjir, longsor melainkan Peduli Lingkungan seperti memilah sampah di rumah.

Teks: Fitri H
Foto: Dok. Kwarnas

Share and Enjoy !