Merespon Social Distancing Akibat Global Pandemic Covid-19, WOSM Menggelar JOTI Special Edition

Merespon Social Distancing Akibat Global Pandemic Covid-19, WOSM Menggelar JOTI Special Edition

JAKARTA – Masyarakat dunia saat ini sedang menghadapi tantangan berat akibat penyebaran penyakit coronavirus (COVID-19). Kondisi ini membuat banyak pemerintah di berbagai negara menempuh kebijakan melarang warganya keluar rumah. Pergerakan manusia pun dibatasi.

Dampak yang tak kalah memprihatinkan juga dirasakan anak-anak dan remaja usia sekolah. Sekolah formal ditutup, belajar di kelas dialihkan sementara ke rumah masing-masing. Secara otomatis segala kegiatan pendidikan non formal seperti Kepramukaan pun ikut ditunda.

Hal tersebut untuk memastikan semua Pramuka khususnya dan anak-anak muda pada umumnya tetap aman. Namun, tetap aman bukan berarti anak muda tidak bisa bersenang-senang, melakukan Kepramukaan, atau mencari teman baru!

Dalam rangka merespon kebijakan Social Distancing di sejumlah negara akibat Global Pandemic Covid-19, Organisasi Gerakan Kepanduan dunia atau World Organization of the Scout Movement (WOSM) bersama tim World JOTA-JOTI (Jamboree On The Air-Jamboree On The Internet) akan menyelenggarakan kegiatan JOTI Special yang dapat diikuti dari rumah masing-masing.

Disebut ‘Special’ karena kegiatan JOTI biasanya diselenggarakan pada akhir pekan minggu ke-3 setiap bulan oktober. Sedangkan JOTI “Special Edition” akan dilaksanakan pada 3 – 5 April 2020. Melalui JOTI “Special Edition” Pramuka dari seluruh dunia dapat saling berbagi informasi dan memberi motivasi serta menyebarkan pesan-pesan positif ditengah kondisi sulit saat ini.

Edisi khusus jambore digital terbesar ini juga akan menghubungkan jutaan pramuka di seluruh dunia untuk mempelajari keterampilan baru, dan membangun persahabatan baru dari kenyamanan rumah masing-masing.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan tiap anggota Pramuk di tingkat NSO hingga internasional meski dari rumah masing-masing. Selain itu juga akan ada banyak tamu istimewa mulai dari WOSM hingga beberapa organisasi internasional lainnya yang dikabarkan akan ikut merapat dan bergabung bersama kita nanti.

Chairperson Worldscout Committee Mr. Craig Turpie dan Sekretaris Jenderal WOSM Mr. Ahmad Alhendawi berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif, fun, dan edukasi bagi 776,7 Juta anak di dunia yang pada hari ini tengah “terbelenggu” karena pandemik Covid-19 di berbagai negara.

Informasi lebih lanjut silakan kunjungi laman https://jotajoti.info/
Atau menghubungi:
Pusat Informasi Nasional Gerakan Pramuka
Telp: 0818802452
E-mail: kwarnas@pramuka.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *