Catatan di Balik Lahirnya Situs Web Kwarnas

Dalam Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka 2018 yang diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara, akhir September 2018, akhirnya memilih Komjen Pol (Purn) Drs H. Budi Waseso terpilih sebagai Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023. Segera setelah terpilih Kak Budi Waseso bersama tim formatur, menyusun pengurus Kwarnas untuk lima tahun ke depan.

Sejalan dengan itu, Kak Budi Waseso juga mulai membenahi dan meningkatkan beberapa hal di lingkungan Kwarnas. Di antaranya, pada 19 November 2018, Ketua Kwarnas mengeluarkan SK Nomor 129 Tahun 2018  tentang Koordinator Kehumasan Kwarnas. Pada SK tersebut dijelaskan bahwa mengangkat Kak Berthold DH Sinaulan sebagai Koordinator Kehumasan Kwarnas. Lalu, Koordinator Kehumasan Kwarnas bertugas melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan kehumasan Kwarnas yang dilaksanakan Biro Renbangma dan Kominfo, dan outlet kehumasan yang dimiliki Kwarnas, yaitu Tim Siber Kwarnas, Majalah Pramuka, dan Scout Radio.

Berbekal SK tersebut, Kak Berthold ditemani Kak Rapin Mudiardjo – yang juga ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Unit Usaha Taman Rekreasi Wiladatika – mengadakan pertemuan dengan jajaran kehumasan Kwarnas. Pada kesempatan itu, juga dibahas upaya peningkatan situs web Kwarnas, www.pramuka.or.id.

Apa mau dikata, sehari setelah pertemuan yang diadakan di gedung Kwarnas pada akhir November 2018 itu, situs web tersebut diretas (hack) oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Bahkan pihak peretas meminta tebusan 1.500 dolar Amerika Serikat, bila ingin situs web tersebut dipulihkan keadaannya.

Setelah berkonsultasi dengan beberapa pihak, akhirnya diputuskan untuk tidak menuruti kemauan si peretas. Konsekuensinya adalah situs web itu terpaksa “mati”, tak bisa digunakan lagi.

Belakangan, dengan bantuan Kak Rapin, berhasil diperoleh kesempatan menghubungi Kak Gunawan Surendro. Yang bersangkutan adalah salah satu Andalan Daerah di Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah. Kak Gunawan kebetulan memiliki situs web dengan nama www.pramuka.id yang belum digunakannya. Untuk keperluan yang lebih bermanfaat, Kak Gunawan bersedia menghibahkan nama situs web tersebut agar dapat digunakan oleh Kwarnas.

Maka terhitung akhir September 2019, situs web www.pramuka.id telah menjadi milik Kwarnas. Maka, segera dibentuk tim kecil yang terdiri dari para relawan mulai mengerjakan wadah (template) dan isi (content) situs web tersebut. Mereka terdiri dari Kak Berthold, Kak Rapin, Kak Andi Widjanarko (Sekretaris Komisi Kehumasan Kwarnas), Kak Amin DN dan Kak Roni Abdul Hamd (relawan yang sehari-hari bekerja bersama Kak Rapin), Kak Abdul Basyith (relawan, Pembina Pramuka di Kwartir Cabang Tangerang Selatan), dan Kak Guritno. Beberapa waktu kemudian, Kak Guritno juga ditunjuk secara resmi sebagai Kepala Pusat Informasi Nasional (Pusinfonas) Gerakan Pramuka. Maka nantinya salah satu tugas Kak Guritno juga mengelola situs web yang sedang disiapkan ini.

Begitulah, tim kecil segera bekerja agar situs web Kwarnas dapat kembali hidup dan bermanfaat sebagai bagian dari komunikasi dan informasi di era digital saat ini.***