Ketika Seorang Pembina Pramuka Menemukan Cara Membina di Waktu yang Tak Biasa

Ketika Seorang Pembina Pramuka Menemukan Cara Membina di Waktu yang Tak Biasa

Sejak masih kecil dan mengenal dunia Kepramukaan, kehidupan saya termotivasi dengan kata-kata pendiri Kepramukaan Dunia, Robert Baden-Powell yang berbunyi:

The most worthwhile thing is to try to put happiness into the lives of others atau Hal yang paling berharga dalam kehidupan adalah mencoba memberikan kebahagiaan kepada orang lain”.

Sebagai seorang Pramuka yang berada dalam usia dewasa, saya berusaha memahami, mendalami dan menjalankan prinsip ini setiap hari, dan hal ini masih tergambarkan dalam kehidupan saya dengan nilai-nilai Kepramukaan.

Menjadi seorang Pembina Pramuka merupakan hak yang istimewa bagi saya untuk mendapatkan pelajaran penting dalam kehidupan, selain disiplin dan mencapai keberhasilan, yaitu menjadi sahabat bagi Pramuka-Pramuka yang saya bina. Tetap terhubung adalah suatu keharusan bagi sorang Pembina Pramuka kepada anak didiknya.

Dengan adanya pandemi ini, acara dan kegiatan Kepramukaan tiba-tiba berhenti dan pembatasan sosial diberlakukan, membuat banyak orang kecewa terhadap batalnya rencana, kegiatan, dan pertemuan yang telah dipersiapkan.

Pada dasarnya Pramuka melakukan kegiatan di luar rumah, selalu membuat pertemanan dari seluruh dunia, dan tidak terbiasa berada di satu tempat secara terbatas.

Bagi seorang anggota dewasa seperti saya, kebutuhan untuk terhubung dengan Pramuka dan sesama Pembina sangat penting. Sekarang, lebih dari sebelumnya, Pramuka membutuhkan dukungan kita, para anggota dewasa agar tetap semangat dan selalu menjaga diri.

Terima kasih untuk semua teknologi yang tersedia saat ini, petualangan Kepramukaan tidak pernah benar-benar berhenti, saatnya kita bergerak secara daring atau online. Dengan semua aplikasi daring ini, kami melanjutkan kegiatan kami yang biasa, tetapi dengan cara yang baru. Bukankah mempelajari hal-hal baru adalah bagian dari Kepramukaan?

Untuk itulah saya memulai program latihan Pramuka di rumah atau Scouting at home bersama para Pembina yang menjadi relawan membina secara daring serta beberapa Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang membantu program latihan ini.

Saya dan kakak-kakak yang ikut membantu menemukan kebahagiaan dalam menyediakan koneksi sosial di kalangan Pramuka secara daring/online, dan ingin berbagi beberapa aplikasi yang interaktif kami gunakan kepada Pramuka untuk membuat kita tetap aktif dan sehat secara mental.

Program Latihan Daring secara Langsung
Ini adalah cara yang ampuh untuk terhubung dengan Pramuka. Kita dapat menggunakan streaming langsung dengan menjadi host (tuan rumah aplikasi) acara satu arah sederhana melalui media sosial yang kita miliki. Hanya host yang ada di kamera, mengirimkan konten secara langsung. Selalu promosikan dan menjadwalkan siaran langsung yang direncanakan terlebih dahulu sehingga Pramuka sadar dan lebih mudah terhubung ketika latihan streaming dimulai. Kita punya beberapa aplikasi pilihan, antara lain:

a. Instagram Live (sejauh ini audiens terbesar kami sejak kami mulai melakukan acara langsung)
b. Facebook Live
c. YouTube Live

Latihan Daring / virtual
Hal-hal yang berguna tentang aplikasi ini adalah aplikasi yang memungkinkan saya untuk merekam sesi, sehingga dapat saya bagikan kepada orang lain untuk mempelajarinya nanti. Peserta juga dapat menggunakan kamera atau audio yang tergantung dengan aplikasi yang digunakan, sehingga opsi ini lebih baik untuk metode dua arah bagi Pembina dan Pramuka. Berikut adalah beberapa aplikasi yang berhasil kami gunakan, antara lain:

a. Zoom
b. Skype
c. Whatsapp
d. Google Hangouts
e. GoToMeeting
f. Webex
g. FaceTime

Umpan balik yang interaktif dan Aplikasi Permainan selama latihan
Aplikasi ini membantu saya dan para pembina menjadikan pertemuan online lebih interaktif dan menyenangkan bagi semua orang, antara lain:

a. Sli.do
b. Kahoot!

Aplikasi untuk Kolaborasi Program
Aplikasi ini memungkinkan kita untuk bekerja mengembangkan konten bersama, atau berbagi file dalam folder seperti dokumen, foto, atau presentasi, antara lain:

a. Google Drive
b. Slack
c. Yammer

Aplikasi untuk curah pendapat
Menggabungkan ide-ide penting dalam curah pendapat dan pertemuan strategis dalam rangka mempersiapkan program latihan. Aplikasi Sticky Note juga dapat digunakan sebagai pengingat ide gagasan yang tersebutkan secara tidak langsung tetapi terkait dengan agenda yang dipersiapkan, seperti

a. Padlet
b. IdeaFlip
c. Noteapp
d. Bloomfire

Aplikasi Manajemen Mempersiapkan Program Daring
Jika Anda memiliki banyak proyek kegiatan daring, aplikasi manajemen proyek dapat membantu kita dan tim untuk menyimpan tugas-tugas masing – masing, antara lain:

a. Basecamp
b. Trello

Sementara kami menikmati Kepramukaan secara online atau daring, kami selalu waspada dan mempertimbangkan kebijakan dan protokol Safe from Harm / Perlingungan dari Kekerasan baik verbal maupun daring pada latihan daring, webinar, atau streaming langsung. Dalam platform apapun yang kita gunakan, selalu periksa pengaturan keamanan dan ajarkan Pramuka tentang keamanan dalam dunia maya. Sebagai seorang Pembina, adalah tugas kita untuk melindungi Pramuka agar aman dari kekerasan setiap saat, baik secara verbal maupun daring didunia maya.

Selamat ber-Pramuka di rumah, dan Salam Pramuka (secara daring)!

Ditulis oleh:
Rio Ashadi (Pembina Pramuka dan Andalan Nasional Gerakan Pramuka)

Alih bahasa dari https://www.scout.org/node/580330 dan diterjemahkan untuk kepentingan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *