Didi Kempot dan Pramuka

Didi Kempot dan Pramuka

Gerakan Pramuka punya ikatan batin khusus dengan Didi Kempot, seniman legendaris yang meninggal pada 5 Mei 2020.

Ya, Didi Kempot tidak akan pernah bisa dilupakan oleh Gerakan Pramuka, khususnya Kwartir Cabang Kabupaten Sukoharjo, Kwarda Jawa Tengah.

Almarhum pernah membuat lagu berjudul Satu Pramuka Satu Indonesia. Lagu yang juga dinyanyikannya itu diciptakan khusus untuk menyemangati para anggota Pramuka utamanya di lingkungan Kwarcab Sukoharjo.

Menurut Kak Suyahman, pelatih Pramuka dari Kwarda Jawa Tengah, lagu tersebut diciptakan ketika Kabupaten Sukoharjo akan mencanangkan sebagai Kabupaten Pramuka pada tahun 2012.

“Pencipta lagu ini selain Didi Kempot adalah adalah salah satu tokoh Pramuka Sukoharjo, yakni Kak Haryanto,” ujar Kak Suyahman yang juga pernah menjadi Andalan Nasional Bidang Diklat periode 2008-2013.

Pada lagu tersebut Kak Haryanto ikut menulis liriknya yang kemudian disempurnakan oleh Didi Kempot sekaligus membuat aransemennya.

“Kak Haryanto yang saat itu menjabat Wakil Bupati, tertarik menuangkan materi pramuka dalam dalam rangka menjadikan Sukoharjo menjadi Kabupaten Pramuka. Apalagi, dirinya saat itu juga menjabat sebagai Ketua Kwarcab,” tambah Kak Suyahman.

Lagu Satu Pramuka Satu Indonesia tentu tidak hanya milik Kwarcab Sukoharjo, tapi juga menjadi kebanggaan seluruh anggota Gerakan Pramuka Indonesia.

Sudah pernah mendengar lagunya? Jika lupa atau belum pernah, silakan saksikan videoklipnya, sekaligus mengenang sang maestro, Didi Kempot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *