Della Puspita Anggraini, Belajar Fotografi Secara Otodidak

Della Puspita Anggraini, Belajar Fotografi Secara Otodidak

Gerakan Pramuka berhasil mendapatkan Gold Prize dalam ajang 19th Asia-Pacific Regional Scout Photo Contest (2020) yang mengambil tema “Diversity and Inclusion in Scouting.”

Foto kiriman Della Puspita Anggraini (Della) dari Kwarda Jawa Timur terpilih menjadi pemenang nomor wahid.

Della, anggota Pramuka yang kini menyandang Tingkat Kecakapan Umum Penegak Laksana, memang suka dengan dunia fotografi. Dia belajar secara otodidak bagaimana mengambil foto yang bagus.

Della sendiri tidak menduga bahwa foto yang diikutsertakan dalam lomba yang sudah diselenggarakan sejak 2001 itu terpilih menjadi yang terbaik.

“Saya senang,” kata Della. “Yang memotivasi saya untuk ikut lomba foto tersebut adalah teman saya satu sekolah. Waktu itu dia yang ditunjuk buat ikut sebelum saya. Sebenarnya temen saya sudah menawarkan kesempatan tersebut ke teman penegak yang lain. Tapi, mereka menolak. Jadi dia memutuskan untuk mengajak saya.”

Sebelum mengirimkan karyanya, Della merasa harus belajar dan berlatih agar foto yang dihasilkan lebih baik. Untuk itu dia meminta teman yang lebih pandai untuk mengajarinya. Lalu dia minta bantuanya koleganya, Prananda Alif Muhtadi, yang kemudian membuat konsep pemotretan.

Untuk menggambarkan keberagaman, mereka melibatkan 2 anggota Pramuka Penegak dari SMKN 1 Kebonsari, 2 orang anggota Pramuka Penggalang dari MTsN 2 Madiun (Rejosari), dan 1 orang anggota Pramuka Siaga dari MI Nurul Ulum Sidorejo.

“Karena temanya keberagaman dan Inklusif dalam kepramukaan jadi kita memilih untuk mengambil dari golongan Pramuka yang berbeda-beda,” kata Della yang pernah mengikuti Rover Scout Council Leader Submit di Obis Camp, Mojokerto, Jawa Timur tahun 2019.

Pramuka di mana saja sama. Baru pertama kali jumpa, langsung akrab. Hal ini membantu dalam pemotretan. Suasana persaudaraan terbentuk sehingga kerjasama tim cepat. Lokasi pemotretan di desa Mbacem, Kecamatan Kebonsari, Madiun, Jawa Timur dengan wajah Pramuka yang riang gembira sambil berpegangan tangan ini memang menarik dan apik.

Minggu, 1 Maret 2020 mereka berkumpul lalu menuju sebuah jalan.

“Yang pertama pengambilan gambar itu di tengah jalan. Ya, sulitnya proses untuk mendapatkan potret terbaik karena ada kendaraan yang lalu lalang. Kemudian kami pindah 100 meter dari jalan itu. Di sana ada jalan setapak ke arah pematang, ” jelas anak kedua pasangan Bapak Sutrisno dan Ibu Winarsih.

Pada tahun 2007, Gerakan Pramuka juga meraih prestasi yang sama dengan Della Puspita, atas nama Saiko Damai (staf Kwarnas). Sedangkan 2018 pada lomba yang sama, Staf Humas Kwarnas Haerudin Nomi mendapat penghargaan Silver Prize. Tahun sebelumnya, 2017, Staf Humas Kwarnas lainnya, Siswanto, meraih juara III atau Bronze Prize.

Nama: Della Puspita Anggraini
Lahir: Madiun, 2 Agustus 2003
Gudep: 03.112
Kwarran: Kebonsari
Kwarcab: Kabupaten Madiun
Kwarda: Jawa Timur
Sekolah: SMK 1 Kebonsari Madiun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *