WSC-Indonesia-1

Mesir, Portugal, dan Polandia, telah terpilih sebagai tuan rumah kegiatan kepanduan sedunia. Dalam pemilihan yang diselenggarakan pada Konferensi Kepanduan Sedunia ke-42 yang diadakan secara virtual dan diumumkan hasilnya pada 28 Agustus 2021 malam hari waktu Indonesia, ketiga negara tersebut terpilih untuk tiga kegiatan berbeda.

Mesir terpilih sebagai tuan rumah Konferensi dan Pertemuan Kaum Muda Sedunia ke-43 yang akan diadakan pada 2024. Sebenarnya Mesir telah terpilih sebagai tuan rumah konferensi tersebut pada pemilihan saat berlangsungnya Konferensi Kepanduan Sedunia ke-41 di Axerbaijan pada 2017.

Menurut Wakil Ketua/Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Berthold Sinaulan, yang sewaktu di Azerbaijan menjadi satu dari 20 relawan internasional yang terpilih membantu konferensi tersebut, letika itu diputuskan Mesir menjadi tuan rumah konferensi pada 2020.

Namun, pandemi Covid-19 telah membuat rencana itu batal. Walaupun telah diundur setahun menjadi 2021, pandemi Covid-19 masih merajalela, dan menyebabkan World Organization of the Scout Movement (WOSM), sebagai organisasi dunia kepanduan, memutuskan menyelenggarakan konferensi ke-42 itu secara virtual.

Konferensi virtual itu akhirnya diadakan pada 25 sampai 29 Agustus 2021. Sebanyak 170 organisasi nasional kepanduan dari 172 organisasi nasional kepanduan yang ada ikut serta. Termasuk pula Gerakan Pramuka yang mengirimkan delegasi diketuai Kak Berthold Sinaulan. Sementara Wakil Ketua/Ketua Komisi Kerjasama Luar Negeri Kwarnas, Kak Ahmad Rusdi, hadir dalam kapasitas sebagai Ketua Komite Kepanduan Asia-Pasifik.

Sebelum pemilihan untuk menentukan tuan rumah konferensi ke-43 itu, sebenarnya ada tiga calon, yaitu Mesir, Prancis, dan Meksiko. Namun, Prancis dan Meksiko akhirnya mengundurkan diri. Dalam semangat solidaritas dan persaudaraan pandu sedunia, Prancis dan Meksiko memilih memberikan kesempatan kepada Mesir yang telah berjuang begitu lama untuk menjadi tuan rumah konferensi.

Sementara dalam pemilihan kegiatan internasional lainnya, Portugal terpilih sebagai tuan rumah World Scout Moot 2025. Ini adalah perkemahan semacam Raimuna untuk Pramuka Penegak dan Pandega, tetapi merupakan Raimuna tingkiat dunia.

Selain itu, terpilih pula Polandia sebagai tuan rumah Jambore Kepanduan Sedunia 2027. Polandia sebenarnya sudah pernah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah jambore sedunia 2023, tetapi dalam pemilihan di Azerbajian kalah suara dari Korea Selatan. Karena itu, Korea Selatan akan menjadi tuan rumah Jambore Kepanduan Sedunia ke-25 pada 2023, dan Polandia akan menjadi tuan rumah Jambore Kepanduan Sedunia ke-26 pada 2027.

***

Desain Grafis: Kak R. Andi Widjanarko

Share and Enjoy !