maskotdpppramuka

Pada peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 lalu, Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Kak Ir. H. Joko Widodo telah mencanangkan dua gerakan yang harus dilaksanakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka di masa pandemi COVID-19.

Pertama, Gerakan Kedisiplinan Nasional yang mengajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. Kedua, Gerakan Kepedulian Nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagi.

Dua gerakan tersebut menurut Presiden bukan hanya dalam rangka membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi akan tetapi juga sebagai upaya untuk semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan dalam memperdalam jiwa Pramuka sejati, sebagaimana tertuang dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan imbauan Kak Joko Widodo, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bekerja sama dengan Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk aktif menjadi Duta Perubahan Perilaku (DPP).

Tugas Duta Perubahan Perilaku adalah memberi teladan dan melakukan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggal atau aktivitasnya mengenai pencegahan COVID-19, pentingnya mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Terkait dengan hal tersebut, Satgas COVID-19 Bidang Perubahan Perilaku bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar Kompetisi Sosialisasi dan Edukasi Duta Perubahan Perilaku (DPP) Pramuka kepada Pedagang Kaki Lima dan Pedagang Pasar Tradisional.

Berhadiah uang tunai TOTAL PULUHAN JUTA RUPIAH, rompi satgas, dan piagam penghargaan.

Syarat dan Ketentuan:

1. Peserta adalah anggota gerakan pramuka aktif golongan penegak, pandega, dan anggota dewasa.

2. Peserta yang belum memiliki Akun Monitoring Perubahan Perilaku, wajib mengisi form ini:
bit.ly/DPPPramuka sejak 7 s.d. 21 Agustus 2021. Bagi yg sudah punya akun, bisa langsung mengikuti kompetisi.

3. Peserta wajib menginstal Aplikasi Monitoring Duta Perubahan Perilaku di smartphone android masing-masing, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. buka linktr.ee/SatgasPerubahanPerilaku

b. Pilih Aplikasi Monitoring Perubahan Perilaku.

c. Setelah aktif masukkan username dan password, gunakan nomor HP yang aktif, dengan menghilangkan angka 0 di depan sebagai username dan password. Contoh No. Hp 082123456789, maka username dan password adalah 82123456789.

4. Peserta melaporkan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada Pedagang Kaki Lima dan Pedagang Pasar Tradisional melalui Aplikasi Monitoring Duta Perubahan Perilaku dengan mengisi keterangan dalam form yang disediakan pada Aplikasi Monitoring Perubahan Perilaku dan dalam bentuk foto atau video.

5. Peserta yang ingin mendapatkan juara favorit, selain melaporkan kegiatan sosialisasi dan edukasi melalui Aplikasi Monitoring Perubahan Perilaku, juga dapat mempostingnya di feeds instagram masing-masing. Dengan ketentuan sebagai berikut:

– Wajib mention dan follow akun:
@satgasperubahanperilaku
@kwarnasgerakanpramuka

– Wajib menyertakan tagar:
#DPPpramukaPKLdanPedagangPasarTradisional
#satgascovid19
#satgasbidangperubahanperilaku
#ingatpesanibu
#memakaimasker
#menjagajarakhindarikerumunan
#mencucitanganpakaisabun
#pakaimaskerhargamati

6. Laporan yang dinilai adalah yang diunggah sejak 15 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB hingga 7 September 2021.

***

Untuk menginstal aplikasi, pastikan memori pada smartphone cukup dan memberikan izin pada smartphone masing-masing peserta agar dapat dowload tautan yang tidak berasal dari aplikasi google play.

Aplikasi hanya bisa didapatkan melalui link di atas karena tidak akan bisa ditemukan di Google Play Store atau Apple Store. Aplikasi ini juga hanya dapat di-download dan diinstal menggunakan smartphone berbasis Android. Namun jangan takut, aplikasi ini aman dari segala jenis virus, terutama COVID-19.

Pemenang

  1. Peserta dari peringkat 1 sampai 20 dengan laporan terbaik dan terbanyak berdasarkan Aplikasi Monitoring Duta Perubahan Perilaku, akan mendapatkan uang tunai sebesar @ Rp500.000,- dan rompi satgas.

2. Peserta dari peringkat 21 sampai 50 dengan laporan terbaik dan terbanyak berdasarkan Aplikasi Monitoring Duta Perubahan Perilaku, akan mendapatkan Rompi Satgas.

3. Untuk 3 Peserta dengan like terbanyak di feeds postingan instagram akan mendapatkan total hadiah Rp1.500.000.

4. Untuk 3 Kwartir Daerah yang paling aktif menggerakkan anggota Pramuka untuk melaporkan melalui aplikasi monitoring perubahan perilaku, mendapatkan hadiah:

  • Juara 1 mendapatkan Uang Pembinaan sebesar Rp7.000.000 dan
    Piagam Penghargaan
  • Juara 2 mendapatkan Uang Pembinaan sebesar Rp5.000.000 dan
    Piagam Penghargaan
  • Juara 3 mendapatkan Uang Pembinaan sebesar Rp3.000.000 dan Piagam Penghargaan

5. Untuk 3 Kwartir Cabang yang paling aktif menggerakan anggota pramuka untuk melaporkan melalui aplikasi monitoring perubahan perilaku, mendapatkan hadiah:

  • Juara 1 mendapatkan Uang Pembinaan sebesar Rp5.000.000 dan
    Piagam Penghargaan
  • Juara 2 mendapatkan Uang Pembinaan sebesar Rp3.000.000 dan
    Piagam Penghargaan
  • Juara 3 mendapatkan Uang Pembinaan sebesar Rp2.000.000 dan Piagam Penghargaan

Semua Duta Perubahan Perilaku Pramuka yang mengikuti kompetisi dan melakukan pelaporan melalui Aplikasi Monitoring Perubahan Perilaku akan mendapatkan e-Sertifikat.

Mari mengedukasi masyarakat dengan mengingatkan dan memberikan teladan yang baik untuk menjalankan protokol 3M dalam keseharian agar Indonesia kembali Sehat.

Imun anda kuat tapi belum tentu orang-orang di sekeliling kita. Jaga kesehatan untuk orang-orang di sekitar kita.

Sehatmu, Sehatku, Sehat untuk Bangsa dan Negara. Karena Kacu, Kita Bersatu Melawan COVID-19.
 
Salam Sehat, Salam Tangguh, Salam Pramuka.


 

Share and Enjoy !