WhatsApp Image 2021-08-11 at 20.48.41 (1)

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada Rabu (11/8/2021) pagi melaksanakan Upacara Tabur Bunga di perairan Teluk Jakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 dengan tujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur di kawasan maritim Indonesia.

Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama dengan TNI Angkatan Laut ini menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI)  KURAU-856 dan berangkat dari dermaga Jakarta Internasional Container Terminal II (JICT II), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Saka, Sako dan Gugus Darma, Kak Mayjen TNI (Purn) Yanuar Ludfi.

Kegiatan ini diikuti oleh Waka Kwarnas/Kakom Orgakum Kak Chairul Huda, Waka Kwarnas/Kakom Binamuda Kak Supriyadi, Sekretaris Komisi Saka, Sako dan Gugus Darma Kak Syukro Muhab, Andalan Nasional Orgakum Kak Adi Pamungkas, Andalan Nasional Aset dan Usaha Kak Fairuz Azis Pulungan, Sekretaris Komisi Kehumasan dan Informatika Kak Andi Widjanarko, Sekretaris Komisi Aset dan Usaha Kak Rapin Mudiardjo,  Kapusinfonas Kak Guritno, beberapa DKN, sejumlah Staf Kwarnas, serta hadir pula Kapinsaka Bahari Nasional Kak Brigjen TNI (Mar) Markos, SE, dan Pamong Saka Bahari Nasional Kak Sri Gatik, anggota Saka Bahari, serta ABK KRI Kurau.

Walau ombak laut dan goyangan kapal cukup terasa agak kencang, upacara di atas kapal yang bersemboyan Adharma Udadi Wiweka, Pengawal Lautan Dengan Waspada  itu dilaksanakan penuh khidmat. Rangkaiannya antara lain penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, pelarungan bunga oleh pembina upacara diikuti peserta upacara, dilanjutkan dengan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan.

Protokol kesehatan yang ketat diterapkan dalm kegiatan ini, antara lain hanya diikuti 40 orang peserta, wajib memakai masker, dan seluruh peserta diwajibkan melakukan Swab Antigen sebelum naik ke kapal.

***

Teks : Indahsetyo
Foto : Haerudin

Share and Enjoy !