WhatsApp Image 2021-08-27 at 05.43.20

“Indonesia menyumbang pertumbuhan yang signifikan bagi kepanduan sedunia dan kepanduan di Asia-Pasifik,” ujar Waka Kwarnas/Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika, Berthold DH Sinaulan.

Kak Be demikian sapaan Kak Berthold DH Sinaulan yang juga Ketua Delegasi Indonesia dalam Konferensi Kepanduan/Kepramukaan dunia itu menyebutkan Gerakan Pramuka/Indonesia mendapat pujian dalam Konferensi Kepanduan Sedunia ke-42 yang diselenggarakan secara daring 15-28 Agustus 2021.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Delegasi Gerakan Pramuka ikut dalam Konferensi Kepanduan Sedunia (World Scout Conference) ke-42 yang diadakan secara daring dari 25 sampai 28 Agustus 2021.

Konferensi tersebut diikuti oleh 172 organisasi nasional kepanduan (National Scout Organization/NSO) dari seluruh dunia dan Indonesia salah satunya. Hadir pula Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Kerjasama Luar Negeri, Kak Ahmad Rusdi, yang juga merupakan Ketua Komite Kepanduan Asia-Pasifik.

Pada konferensi kepramukaan dunia itu diterima pula secara resmi 3 (tiga) NSO baru yaitu Vietnam, Afghanistan, dan Solomon Islands.

Gerakan Pramuka dari Indonesia tetap menjadi NSO terbesar dengan 25 juta anggota dari 57 juta anggota kepanduan sedunia yang tergabung dalam WOSM.

***

 Penulis: Saiko Damai, Desain grafis: Andi Widjanarko

Share and Enjoy !