asa Karya Gerakan Pramuka: Kehumasan Bantu Penanggulangan Covid-19

Sabtu, 26 September 2020 pukul 13.30-15.30 WIB diselenggarakan Webinar bertajuk “Dasa Karya Gerakan Pramuka, Kehumasan Bantu Penanggulangan Covid-19”.

Bertindak sebagai narasumber Waka Kwarnas/Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika, Kak Berthold DH. Sinaulan. Sedangkan moderator Kak R. Andi Widjanarko (Andalan Nasional; Sekretaris Komisi Kehumasan dan Informatika).

Sebelum menyampaikan paparannya, Kak Berthold mengajak seluruh peserta webinar menundukkan kepala berdoa atas meninggalnya anggota Dewan Kerja Nasional masa bakti 2018-2023: Kak Joshua Sampurna.

Kak Berthold mengatakan sesuai dengan Dasa Karya ke-3 “Penguatan Kehumasan” melibatkan seluruh sumber daya pramuka, membangun jejaring komunikasi seluruh pemangku kepentingan pramuka di tingkat nasional & internasional, termasuk membangun persaudaraan universal. Untuk itu digunakan tagar #SetiapPramukaAdalahPewarta.

Diingatkan pula pesan Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka (Kak Joko Widodo) pada saat peringatan Hari Pramuka ke-59 agar Gerakan Pramuka dapat membantu menumbuhkan dua gerakan nasional, yaitu: Gerakan Kedisiplinan Nasional dan Gerakan Kepedulian Nasional. Dua gerakan ini bukan hanya untuk membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi melainkan juga akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan dalam memperdalam jiwa Pramuka Sejati.

Kak Berthold mengajak agar kita memberitakan hal positif yang sifatnya membangkitkan semangat dalam bentuk publikasi berupa tulisan, foto, video, infografis, dan audio. Pun memperbanyak konten berita Penanggulangan Covid-19.

Akun Segga Scout dari Balikpapan, Kalimantan Timur bertanya tentang caranya Pramuka berkegiatan yang bernuansa alam, sementara Pramuka itu ada yang tinggal di perkotaan?

“Bisa mencari taman kota yang ada dan minta izin kepada pengelola untuk berkegiatan. Atau, bisa cari tempat-tempat yang hijau di sana yang bisa dipakai untuk berkegiatan,” jawab Kak Berthold.

Acara ini merupakan rangkaian Webinar Kehumasan yang akan memberikan tips dan trik untuk membuat konten-konten. Agar lebih terampil, tentu akan ada penugasan untuk peserta, dan ada lomba membuat konten. Peserta yang ikut webinar akan diberikan sertifikat.

Teks: Kak Indah
Foto: Kak Haerudin

Share and Enjoy !