WhatsApp Image 2021-08-22 at 21.09.51

BANYUMAS – Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka/Ketua Komisi Binamuda, Kak Supriyadi memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pencapaian anak didik di Kwarcab Gerakan Pramuka Banyumas menjadi Pramuka Garuda. Hal tersebut diungkapkan saat berkunjung ke Kwarcab Gerakan Pramuka Banyumas Minggu (22/8) sore.

Kunjungan yang mendadak karena baru diberitahukan pagi harinya itu diterima oleh jajaran Andalan Cabang di Binamuda, Pusdiklacab dan perwakilan Pramuka Garuda Banyumas.

Kak Supriyadi mengatakan perkembangan Kwarcab Gerakan Pramuka Banyumas baru terlihat oleh Kwartir Nasional lima tahun terakhir ini.

“Sepuluh tahun yang lalu, Kwarcab Banyumas belum begitu terdengar, namun mulai lima tahun terakhir ini langsung melesat, tentu dengan dukungan publikasi melalui media,” katanya.

Kehadirannya yang mendadak atas arahan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka itu untuk membuktikan dan melihat dari dekat keaktifan dari Kwarcab Gerakan Pramuka Banyumas.

“Terima kasih, rasa bahagia dan bangga saya bisa menginjakkan kaki untuk pertama kalinya dan berada di Kwarcab Gerakan Pramuka Banyumas, dimana dalam peringatan Hari Pramuka ke 60, tahun berlian terdapat suasana  yang kuat dengan rasa kepramukaan yang tinggi pada peringatan Hari Pramuka, ucap Kak Supriyadi

Pada hari ini, secara khusus tentunya kehadiran saya disini adalah untuk belanja masalah untuk melihat langsung bagaimana komitmen dan konsistennya para Pembina dan Pelatih Pembina Pramuka untuk melahirkan Pramuka Garuda yaitu melahirkan peserta didik yang berkualitas yang merupakan bagian tujuan utama Gerakan Pramuka,” ungkap Kak Supriyadi

Terkait dengan pencapaian Pramuka Garuda, Kak Supriyadi mengatakan sebagai bentuk manifestasi Pembina dan Pelatih Pembina Pramuka yang luar biasa, sehingga mampu menjadikan anak didik meraih tingkatan tertinggi menjadi Pramuka Garuda.

“Bahkan pada tahun ini 5 Pramuka meraih Lencana Teladan, salah satunya adalah Kak Dicky Purna DKC Banyumas, dan bahkan saat ini masuk jajaran Dewan Kerja Nasional (DKN),” lanjutnya

Kak Supriyadi mengingatkan kepada pelatih dan andalan bahwa Pramuka adalah sebuah proses, oleh karena itu para Pembina Pramuka dituntut untuk mampu memiliki kualitas, sehingga jika anak didik hebat tentunya para pembina harus lebih hebat.

“Maka sebaiknya para pembina dan Pelatih Pembina Pramuka terus meningkatkan kemampuan, disamping seharusnya memiliki tongkat, tali pramuka, ransel dan sebagainya,” katanya

Sekretaris Binamuda Kwarcab Banyumas Kak Wahyu Handoko menyampaikan bahwa Banyumas pada tahun 2019 pernah melantik 1969 Pramuka Garuda, namun 2 tahun terakhir menurun lagi karena pandemi.

“Untuk persiapan kedepan kami berkolaborasi dengan Pusdiklatcab dengan menggelar KMD maupun KML untuk mewujudkan dan mengantarkan anak didik mencapai tingkatan pramuka garuda,” katanya.

***

Penulis: Parsito, Editor: Saiko Damai
Fotografer: Parsito Humas Kwarcab Banyumas

Share and Enjoy !