WhatsApp Image 2021-10-11 at 07.06.27

PRAMUKA.ID – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Rembang menyelenggarakan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru). Kegiatan yang dilaksanakan secara offline ini dibagi dalam 2 Tahap pelatihan, yang masing masing selama lima hari, yaitu tanggal 9-13 Oktober 2021 dan tanggal 22-26 Oktober 2021, di Sanggar Pramuka, Aula Dindikpora Rembang dan SMK Cendikia Lasem.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah ini diikuti sebanyak 120 peserta berasal dari seluruh perwakilan  gudep pangkalan SMP/MTs di setiap masing-masing kwarran se-kwarcab Gerakan Pramuka Rembang.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Rembang, Kak Hj.  Hasiroh Hafidz menuturkan, sesuai UU Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 bahwa pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Untuk mencapai tujuan itu bisa melalui pendidikan dan pelatihan pramuka, pengembangan pramuka, pengabdian masyarakat dan orang tua, dan permainan yang berorientasi pada Pendidikan,  kata Kak Hasiroh saat membuka Dianpinru gelombang pertama di kantor Sekda Kabupaten Rembang, Sabtu (09/10/2021).

Menurut Kak Hasiroh, sesuai visi Bupati Rembang yakni mengembangkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas maka untuk mensukseskan visi tersebut, Kwarcab Gerakan Pramuka Rembang mempunyai peran yang sangat vital dalam  merealisasikan janji Bupati selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Rembang. 

Bahkan lanjutnya, strategi pelaksanaan adalah membangun karakter, pendidikan dan kompetensi masyarakat yang berbasis pada nilai-nilai agama, Pancasila, dan budaya kearifan lokal, yang cinta tanah air, toleran, dan berorientasi global.

“Untuk itulah, Kwarcab Rembang menyusun visi “Terwujudnya Anggota Pramuka yang Cerdas, Terampil, Berkarakter dan Inovatif menuju Rembang Gemilang”. Misinya adalah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) anggota Gerakan Pramuka yang cerdas, terampil dan berkarakter”, tegas Hasiroh

Kak Hasiroh berkeinginan mentargetkan sebanyak 5.000 Pramuka Garuda selama  4 tahun, khusus di pramuka penggalang target sebanyak 2.000 Pramuka Garuda.

Ia berharapkan peserta kegiatan Gladian Pimpinan Regu ini mampu menjadi anggota Pramuka Penggalang Garuda. Hadir dalam kegiatan ini,  unsur Pimpinan  Kwarcab Rembang,  Andalan dan  Pelatih Pembina Pramuka Pusdiklatcab Kwarcab Rembang dan pelatih Kwarda Jateng.

Penulis : Hardi
Fotografer : Humas Kwarcab Rembang

Share and Enjoy !