1

Majalengka – Dewan Kerja Cabang Pramuka Penegak dan Pandega (DKC) Kwarcab Gerakan Pramuka Majalengka Minggu (4/4/2021) menggelar Sidang Paripurna Cabang (Sidparcab) Pramuka Penegak dan Pandega Tahun 2021 di Aula Kantor Kecamatan Majalengka.

Ketua DKC Majalengka kak Farhan Nurshidik menyampaikan bahwa pembahasan di forum Sidparcab 2021 ini adalah terkait beberapa program kerja, seperti Pekan Prestasi, Cakrasawala, Temu Dewan Kerja dan Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat).

Ada 4 program kerja di tahun 2021 yang menjadi fokus utama ditahun 2021 ini ungkap kak Farhan, pertama ada Pekan Prestasi yang merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan berturut-turut. Kedua ada Cakrasawala Penegak Pandega, yaitu kegiatan berkumpulnya Pramuka Penegak dan Pandega Majalengka dalam sebuah forum diskusi, dan direncanakan pemantik pematerinya adalah dari Dewan Kerja Nasional (DKN).

Kemudian ketiga adalah kegiatan Temu Dewan Kerja yang merupakan forum konsolidasi organisasi karena ini merupakan tahun perdana kegiatan Dewan Kerja Cabang 2020-2025″ dengan harapan untuk menciptakan suasana yang akrab sekaligus menyamakan visi dan langkah antara Dewan Kerja Cabang dengan Dewan Kerja Ranting (DKR) agar semakin solid untuk tahun-tahun berikutnya, kata Kak Farhan

Terakhir kata ujar Kak Farhan adalah membahas program kegiatan Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) yang pelaksanaannya nanti dibagi dalam 3 wilayah. Dikegiatan Dianpinsat ini akan disampaikan terkait evaluasi kegiatan selama satu tahun ke belakang, latihan-latihan rutin di gugusdepan yang secara administrasi kurang teratur dan banyak peraturan/informasi belum di ketahui oleh Pramuka Penegak dan Pandega yang ada di Pangkalan, sehingga kedepannya nanti diharapkan akan semakin baik dalam pengelolaan kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega disetiap pangkalan.

Kegiatan Sidparcab tahun 2021 dibuka oleh Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Majalengka Bidang Binamuda, Kak Agus Koswara, S.Pd., M. Pd. dan ditutup oleh Sekretaris Kwarcab Majalengka, Kak Adam Suhara, S.M. T. dengan seluruh rangkaian kegiatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sidparcab diikuti oleh perwakilan DKR Se-Kabupaten Majalengka dan turut hadir perwakilan Dewan Kerja Daerah (DKD) Jawa Barat. (SD)

Teks: Indra Subana
Foto: Dok Humas Kwarcab Majalengka

Share and Enjoy !