Pramuka Peduli Kwartir Cabang Batam dilantik di Dataran Terbuka Engku Putri, Batam Centre, pada Minggu, 7 Juni 2020.

Ketua Kwartir Pramuka Kota Batam, Kak H. Amsakar Achmad, dalam acara tersebut mengatakan, Gerakan Pramuka harus lebih nyata untuk membantu pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Batam ikut serta mengambil peran dalam upaya penanggulangan wabah pandemi corona virus disease (Covid-19). Hal tersebut sejalan dengan instruksi Gerakan Pramuka Kwartir Nasional.

“Pemerintah tidak bisa sendiri tanpa ada komitmen masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 Karena itu saya bangga Gerakan Pramuka di Batam bisa ambil peran untuk mengedukasi masyarakat Batam,” ujar Kak H. Amsakar Achmad.

Sementara itu, Ketua Pramuka Perduli Kwarcab Batam Kak H Jefridin mengatakan, sebagaimana intruksi Kwartir Nasional bahwa Gerakan Pramuka harus ambil peran membantu pemerintah mengedukasi masyarakat.

Hadir dalam pengukuhan tersebut, para Andalan Cabang, pelatih, Kwaran se-Kota Batam, Dewan Kerja Cabang, Dewan Kerja Ranting, serta Pramuka Penegak Pendega dari Satuan Karya Pramuka se-Kwarcab Batam Pembentukan pengurus ini guna meningkatkan peran Pramuka kota Batam dalam program pemberdayaan masyarakat di bidang sosial dan kemanusiaan.

Salah satu dasar hukumnya adalah Undang-undang Republik Indonesia Nomor: 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2008 tentang Penyelenggara Penanggulangan Bencana.

Oleh karena saat ini dunia sedang dilanda bencana pendemi Covid-19 maka kegiatan Pramuka Peduli diarahkan untuk membantu perintah untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19 dengan kegiatan nyata seperti:

1. Mengumpulkan dan mendistribusikan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19.

2. Menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyakat.

3. Mengedukasi masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan benar.

4. Mengajak masyarakat untuk membudayakan pakai masker, jaga jarak, menjaga kebersihan dan berolahraga dengan teratur.

Setelah Dilantik Pramuka Peduli Kwarcab Batam langsung bergerak. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengajak 43 anggota Pramuka yang hadir dalam pelantikan melakukan sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 ke pasar, membagikan masker serta sembako.

32 anggota Pramuka Peduli Kota Batam juga langsung diterjunkan ke beberapa Kantor Pos untuk membantu proses penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST).

Share and Enjoy !