WhatsApp-Image-2021-04-06-at-16.25.13

SUBANG – Saka Pramuka Dirgantara Tingkat Nasional selenggarakan kegiatan Air Scout Camp (ASC). Kegiatan ASC dibuka pada hari Selasa (30/3/2021) di Lanud Suryadarma, Subang, Jawa Barat dengan pesertanya adalah utusan dari Saka Pramuka Dirgantara Tingkat Daerah seluruh Indonesia.

Air Scout Camp Tahun 2021 ini difokuskan pada pelatihan pengenalan keterampilan identifikasi awal kecelakaan pesawat. Sementata instruktur kegiatan ASC ini dari KNKT dan Pinsaka Dirgantara Tingkat Nasional.

Taufik Ashari siswa MAN 1 Barru salah satu peserta  utusan dari Saka Dirgantara Kwarda Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan yang bermarkas di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar itu telah tiba di lokasi kegiatan sejak, Senin (29/3). Sehari kemudian mengikuti kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana.

“Kami mengikuti kegiatan yang sangat bermanfaat, seperti pelatihan keselamatan perjalanan, dimana kami dilatih untuk melakukan penanganan pertama jika saat melakukan perjalanan di daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan, dan salah satu diantara kami mengalami cidera, baik karena terjatuh dan sebagainya ataupun karena serangan binatang buas.” tulisnya

Taufik Ashari juga menambahkan, selain keahlian di alam, kami juga dilatih untuk mempersiapkan diri bersaing di dunia bisnis, mengingat, sebagai seorang millenial yang berada pada era revolusi industri 4.0.

“Di sini kami juga diajarkan tentang Event Organizer (EO), yaitu bagaimana mengelola sebuah kegiatan, mulai dari perencanaan hingga evaluasi, dan bagaimana membuat bisnis penyedia jasa EO.” tulis anggota Pramuka MAN 1 Barru ini.

Lanjut nya, keterampilan menggunakan alat elektronik tak lupa di ajarkan di kegiatan tersebut

“Phoneography juga diajarkan, yaitu keterampilan memotret dengan tidak menggunakan kamera DSLR tapi menggunakan kamera HP, setidaknya ada 21 tips yang diberikan oleh pemateri termasuk kegiatan Temu Tokoh yang tentu menginspirasi kami” Pungka siswa kelas X MIPA 2 ini. (SD)

Teks: Iqro
Foto dan sumber tulisan kiriman dari Kak Dadan Dany Dipoera

Share and Enjoy !