WhatsApp Image 2021-03-09 at 20.41.54

Setiap tahun Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Pada tahun 2020 lalu Rakernas diselenggarakan bulan Februar, sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan dilangsungkan secara langsung atau tatap muka di Cibubur, Jakarta.

Pada tahun ini Rakernas Gerakan Pramuka untuk pertama kali diselenggarakan secara hybrid atau memadukan luring (luar jaringan) dan daring (dalam jaringan). Peserta dari Kwarda se Indonesia mengikuti secara daring. Pimpinan dan panitia Rakernas secara luring.

Rakernas secara luring dipusatkan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta pada 9-10 Maret 2021.

“Dengan pandemi ini ada hikmahnya. Tahun lalu kita mempengingati HUT Gerakan Pramuka luring dan daring. Itu pengalaman yang berharga. Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka. Karena ada larangan berkumpul dalam jumlah besar,” kata Kak Dr. Chairul Huda, SH, MA, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Organisasi dan Hukum, yang menjadi Ketua Pelaksana Rakernas 2021.

Dr. Chairul Huda, SH, MA, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Organisasi dan Hukum, yang menjadi Ketua Pelaksana Rakernas 2021.

Tema Rakernas Gerakan Pramuka 2021 adalah “Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional”.

Para peserta Rakernas luring di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta wajib menerapkan protokol kesehatan. menggunakan masker dan jaga jarak, serta disediakan tempat cuci tangan. Selain itu semua harus menjalani tes swab antigen, tanpa kecuali.

“Tema pada Rakernas ini adalah tema keseluruhan kegiatan Gerakan Pramuka tahun ini, terkait pula dengan peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka. Memasuki usianya yang ke-60 sejak bersatunya puluhan organisasi kepanduan dalam wadah Gerakan Pramuka, organisasi yang kita cintai bersama ini terus memantapkan dirinya sebagai wadah persatuan dan kesatuan yang terus mendidik kaum muda, terutama daalam Pendidikan karakter,” jelas Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.

Acara Rakernas tahun ini juga bertepatan dengan Hari Tunas Gerakan Pramuka pada 9 Maret. Oleh karena itu, peserta memperingati Hari Tunas Gerakan Pramuka. Rakernas Tahun 2021 dibuka oleh Kak Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia selaku Sekretaris Mabinas Gerakan Pramuka secara daring dari Kantor Kementerian Pemuda dan olahraga RI di Senayan, Jakarta.

***

Teks: Kak Fitri H.
Foto: Kak Siswanto

Share and Enjoy !