WhatsApp Image 2021-08-14 at 16.49.01

JAKARTA – Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Joko Widodo menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka karena dimasa pandemi ini Pramuka diseluruh Indonesia bahu membahu dengan seluruh elemen bangsa membantu penanganan pandemi covid-19 dilingkungannya masing-masing.

“inilah Jiwa Pramuka sejati yang tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, untuk terpanggil rela berkorban membantu sesama tanpa melihat perbedaan, suku, agama dan golongan”, kata Presiden Joko Widodo yang menjadi Pembina Upacara Hari Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2021 secara daring, Sabtu (14/8/2021)

Dari Istana Bogor, Presiden Joko Widodo mengatakan seluruh anggota Gerakan Pramuka harus menjadi contoh, teladan, tangguh mengahadapi setiap tantangan, menggalang Kepedulian kepada sesama, bersedia berkorban, suka menolong, membantu meringankan beban keluarga, saudara dan tetangganya.

“Pramuka juga harus menjadi pelopor kedisiplinan terutama disiplin dalam menjalankan Protokol Kesehatan, disiplin memakai Masker, menjaga jarak, disiplin mencuci tangan tiap saat dan disiplin untuk menghindari kerumanan”, ucap Joko Widodo

Pramuka itu tutur Presiden harus berada dibarisan terdepan untuk melindungi diri, melindungi teman-teman dan keluarga yang kita sayangi, kalau ada yang tidak mematuhi protokol Kesehatan harus diingatkan diberi penjelasan, diberi pengertian.

“kalau ada yang berusia diatas 12 Tahun yang belum di vaksin, ajak mereka untuk segera divaksin, karena kunci untuk bisa keluar dari pandemi adalah kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan dan Pramuka harus terus bekerja tanpa henti, mendorong dan membantu dalam program percepatan vaksinasi untuk mencapai Kekebalan Komunal”, tegas Presiden Jokowi.

Dipihak lain, Presiden Jokowi menyampaikan pesan kepada segenap anggota Gerakan Pramuka untuk giat belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya, seperti selalu mengejar kemajuan teknologi, mengikuti perkembangan zaman dengan cepat, fleksibel dan harus cerdik.

Kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk tidak pernah lupa dengan identitas bangsa, membangun karakter kebangsaan yang kokoh, mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang sejati, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga merawat kebinekaan demi kejayaan Indonesia”, pungkas Presiden RI, Joko Widodo.

Perlu disampaikan bahwa Pelaksanaan Upacara Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 ini dilaksanakan secara daring dan dapat disaksikan langsung secara virtual melalui akun Youtube Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Dari hasil pantauan kami, peserta yang hadir dan ikut upacara Hari Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2021 ini adalah 34 Kwartir Daerah, 191 Kwartir Cabang seluruh Indonesia, 15 gugus depan luar negeri, 2 Pinsaka, 1 Pinsako, dan 52 lain lain dengan total 295 account, kata Kak Rio Ashadi, Andalan Nasional Gerakan Pramuka/Pelaksana tim straming Hari Pramuka Tingkat Nasional 2021.

 

***

Teks : Indah & Saiko Damai
Foto : Muchlis Jr – Biro Pers Sekretariat Presiden













Share and Enjoy !