WhatsApp Image 2021-08-22 at 18.01.46

BANYUMAS – Peringatan Hari Pramuka ke-60 menjadi luar biasa bagi Pratiwi Rahmadiana Penggalang dari gugus depan pangkalan SMP Negeri 8 Purwokerto. Ia menerima Tanda Penghargaan Lencana Teladan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Penyematan Lencana Teladan tersebut dilakukan oleh Bupati
selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Banyumas, Kak Ir Achmad Husein pada upacara Hari Pramuka ke-60 di GOR Satria Purwokerto beberapa waktu lalu.

Tiwi demikian panggilan akrabnya Pratiwi Rahmadiana,
lahir di Banyumas, 18 Februari 2006 dan beralamat di Perum GTSI Jl. Cempedak F4/2 RT 04/RW 06 Bojongsari, Kembaran, memang terbilang senang dengan kegiatan Pramuka. Sehingga ia mendapat kepercayaan menjadi Pratama Putri. Karena jabatan tersebut membuat semangatnya untuk meraih tingkatan tertinggi hingga Pramuka Garuda.

“Saya merasa mengikuti kegiatan Pramuka hingga saya menjadi Pramuka Garuda memberikan pengaruh yang sangat besar bagi diri saya yaitu saya lebih percaya diri, disiplin waktu, menjadi pribadi yang aktif dan kreatif, bertemu dengan orang-orang baru dan mendapat banyak pengalaman,” kata Tiwi saat ditemui hari ini, Minggu (22/8/2021).

Putri dari Wahyu Prasetia Budirahayu yang mempunyai cita-cita menjadi seorang dokter itupun tidak cukup sampai tingkatan pramuka garuda saja. Sehingga saat berkesempatan untuk mengikuti Pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi ia terpilih menjadi yang terbaik di Kwarcab Banyumas dan berlanjut hingga tingkat Kwarda Jawa Tengah ia menjadi Pramuka Garuda Berprestasi terbaik kedua Tingkat Kwarda Jateng.

“Meski tidak yang terbaik, tetapi bisa bertahan di atas rata-rata kelas,” jelas Tiwi yang memiliki makanan favoritnya Masakan Padang dan salah satu minuman kemasan.

Ini pula yang mengantarkan ia meraih Lencana Teladan. Sebagaimana diketahui, Lencana Teladan merupakan salah satu tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka mulai Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.

Mereka adalah yang telah memperlihatkan sikap laku yang utama, yang tampak dari usaha, tanggung jawab, keuletan, kesabaran, ketabahan, kesopanan, keramahtamahan serta akhlak yang luhur, sehingga dirinya dapat menjadi teladan bagi anggota Gerakan Pramuka, keluarga, dan anggota masyarakat lainnya.

Banyak hobi yang dimiliki antara membaca, menyanyi, mendengarkan musik, menonton film dan berolahraga badminton. Menurutnya orang sukses itu ada pada pikiran.

“Ubah pikiranmu dan kau dapat mengubah duniamu,” katanya mantap

Ia meyakini bahwa melalui pendidikan dan pelatihan Pramuka bisa menjadi sarana untuk berbakti pada nusa dan bangsa serta menjadi teladan untuk sekitar.
 
“Pesan saya untuk adik adik kelas agar semangat untuk berlatih Pramuka dan dapat menjadikan Pramuka Garuda sebagai media untuk berbakti kepada bangsa dan menjadi teladan bagi keluarga, teman-teman, serta lingkungan masyarakat,” pungkasnya.

***

Penulis: Parsito, Editor: Saiko Damai
Fotografer: Parsito Humas Kwarcab Banyumas

Share and Enjoy !