WhatsApp Image 2021-08-28 at 09.01.56

PANGKAJENE – Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada (SBH) Puskesmas Bonto Perak Pangkalan Azrul Azwar, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di wilayah Pulau Pandang Lau, Kelurahan Tekolabbua, Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan pada hari Jum’at (27/8/2021).

Kegiatan vaksinasi covid-19 ini bekerjasama dengan Tim Vaksinasi Puskesmas Bonto Perak. Keikutsertaan Anggota SBH Azrul Azwar ini dalam rangka untuk turut berperan aktifnya anggota Gerakan Pramuka dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19 khusunya di wilayah Pandang Lau.

Wilayah ini termasuk kedalam daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK) dimana membutuhkan perjalanan menggunakan perahu selama 1 jam dari Puskesmas Bonto Perak. Jumlah sasaran penerima vaksin di wilayah ini sebanyak 207 usia produktif dan 17 lansia, dimana sebagian besar merupakan nelayan.

Kegiatan dilakukan di teras mesjid Al-Ikhsan Pandang Lau dimulai pukul 13.00 – 15.00 WITA. Anggota SBH Azrul Azwar membantu proses pelaksanaan vaksinasi dengan menjadi petugas pencatatan registrasi peserta, petugas dokumentasi kartu vaksin dan pemberian informasi edukasi pasca vaksinasi dibawah bimbingan Instruktur Saka.

Proses pemeriksaan kesehatan dan wawancara dilakukan oleh Tim Vaksinasi Puskesmas Bonto Perak. Vaksinator yang bertugas pada kegiatan kali ini adalah Kak Fitriah Kasim, S.Tr.Keb (Instruktur Saka Krida P3) dan Kak Abdul Aziz, S.Kep (Pamong Saka). Hadir juga dalam kegiatan Kapolsek Pangkajene dan Ketua RW 05 Kel. Tekolabbua.

Kepala Puskesmas Bonto Perak selaku Ketua Majelis Pembimbing SBH Azrul Azwar,
Kak Muh. Asrul, SKM., M.Kes mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi SBH Azrul Azwar dalam menyukseskan program nasional penanganan Covid-19 dan program Bupati Pangkep untuk mewujudkan Pangkep Sehat, Pangkep Hebat.

Anggota SBH diajak untuk mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya terutama dalam edukasi pencegahan dan pengendalian penyakit menular, seperti Covid-19, ucap Kak Muh. Asrul

Masyarakat pun merasa sangat terbantu, karena tidak perlu menyebrang terlebih dahulu ke Puskesmas yang dapat menghabiskan waktu dan biaya untuk mendapatkan vaksin.

Dewi, misalnya yang dalam waktu dekat akan melakukan Praktek Kerja di kampusnya hari ini mendapatkan dosis pertama. “Alhamdulillah, sudah divaksin, jadi lebih tenang mau pergi KKN, ujar Dewi, peserta vaksinasi covid-19.

Terima kasih Tim Vaksin dari Puskesmas Bonto Perak dan SBH Azrul Azwar,” ucapnya.

Selain Dewi, warga lain yang divaksinasi adalah Muh. Yunus yang sehari-hari selain membantu merawat Gedung Poskesdes Pandang Lau juga biasanya pergi menangkap ikan, kepiting, dan kerang.
“Terima kasih banyak, sudah jauh-jauh datang kesini, apalagi cuaca sedang hujan terus. Saya sekarang sudah divaksin, semoga bisa tetap sehat, tidak terkena corona,” ucap Muh. Yunus.

Kak Muh. Asrul, SKM.,M.Kes menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, apt. Hj. Herlina, S.Si., (Ketua Mabisaka SBH Cabang Pangkep) yang telah mendukung penuh kegiatan ini bahkan di satu pekan sebelumnya ikut dalam kegiatan peninjauan rutin sekaligus sosialisasi vaksinasi Covid-19 di Pulau Pandang Lau.

“Kami tentu mengucapkan juga terima kasih kepada masyarakat Pandang Lau atas partisipasinya dalam kegiatan vaksinasi dan semua yang dilibatkan dalam acara vaksinasi covid-19 ini, semoga dalam waktu dekat seluruh sasaran dapat menerima vaksin dosis lengkap.

***

Penulis: Muh. Asrul,  Editor: Saiko Damai
Fotografer: Juliansyah

Share and Enjoy !