WhatsApp-Image-2021-07-19-at-20.28.48-1-1

PONTIANAK – Dalam beberapa waktu ini Kalimantan barat di landa berbagai bencana dan musibah kemanusiaan, seperti wabah  Covid-19, banjir dan hilangnya 17 kapal nelayan di perairan pesisir Kalimantan barat.

Menghadapi bencana dan musibah itu,  Pramuka Pontianak Timur merasa terpanggil untuk membantu dengan melakukan  berbagai aksi penanggulangan bencana dan aksi kemanusiaan berupa aksi pencegahan penularan Covid-19, tanggap bencana banjir di Desa Segedong dan Purun Kecil Kabupaten Mempawah dan pencarian korban hilangnya 17 kapal nelayan di perairan pesisir Kalimantan barat.

Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Pontianak Timur, Kak Farhan, S.Pd. mengatakan Kota Pontianak yang masuk dalam zona merah Covid-19 memerlukan penangan serius bersama komponen masyarakat. Pramuka bersama tim  Relawan SIAP ikut berkontribusi menekan lajunya angka penularan covid-19 dengan kegiatan penyemprotan desinfektan di berbagai wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya.

Kak Farhan menambahkan curah hujan yang tinggi belakangan ini mengakibatkan banjir dibeberapa desa di Kabupaten Mempawah Kalimantan barat, antara lain Desa Segedong dan Purun kecil terkena imbas dari tingginya curah hujan di sertai angin kencang.

Kami bergerak ke lokasi bersama tim melaksanakan assessment guna mengambil langkah yang tepat untuk membantu saudara-saudara kami, selanjutnya kami bergabung dengan relawan dari berbagai unsur untuk membantu penanganan banjir di daerah terdampak, ujar Kak Farhan.

Kemudian Ketua Kwarran Pontianak Timur itu menyebutkan tragedi hilangnya 17 kapal nelayan di perairan Kalimantan Barat telah mengirim tim untuk membantu proses pencarian kapal nelayan yang hilang di pesisir Kalimantan barat.

Tim dari Kwarran Pontianak Timur yang langsung dipimpin Kak Wawan Kurniawan, S.Pd selaku Waka 4 Kwarran Gerakan Pramuka Pontianak Timur bergabung bersama tim gabungan dari berbagai instansi pemerintah dan Senin ini (19/7/2021) proses pencarian sudah memasuki hari ke 4.

“Ikutnya Gerakan Pramuka dalam berbagai aksi ini bertujuan agar kita semua dapat memberi manfaat kepada seluruh komponen bangsa, kedepannya berbagai aksi ini harus dimaksimalkan dengan lebih banyaknya Pramuka yang ikut serta”, pungkas Kak Farhan. (Sd.pusinfo.KN)
*
*
*

Teks : Asril Syukrian #ISJ1486
Foto : Relawan SIAP

Share and Enjoy !