WhatsApp Image 2021-08-29 at 06.51.17

SOLOK – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok Sabtu (28/8/2021) melaksakan kegiatan bakti berupa Bedah Rumah tidak layak huni yang berlokasi di Kelurahan IX Korong Kota Solok. Kegiatan aksi Bedah Rumah ini masih dalam rangkaian Peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun dengan tema “Berbakti Tanpa Henti” dan Bulan Bakti Pramuka.

Kegiatan Bedah Rumah ini merupakan kegiatan ke-2 dalam peringatan Hari Pramuka Tahun 2021 setelah kegiatan vaksinasi massal yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok, Kak Ramadhani Kirana Putra memimpin langsung kegiatan aksi Bedah Rumah. Kakwarcab itu didampingi oleh seluruh Pengurus dan Andalan Cabang, Korp Pelatih, Dewan Kerja Cabang, Pramuka Peduli, dan Dinas Lingkungan Hidup.

Bakti sosial berupa Bedah Rumah ini merupakan kolaborasi antara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok dengan pemerintah daerah melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Solok. Terkait dengan dana  Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Solok melakukan gerakan Bumbung Kemanusiaan kepada anggota Gerakan Pramuka yang berada di pangkalan gugus depan di Kota Solok.

Di lokasi bakti, Kak Ramadhani Kirana Putra yang juga merupakan Wakil Walikota Solok menyampaikan “hari ini kita dalam proses kegiatan bedah rumah warga yang tak layak huni. Sasaran rumah yang dibedah merupakan tempat usaha bagi pemiliknya, jadi kita bantu secara bersama-sama.

“Hari ini kita robohkan semua bangunannya dan langsung kita bangun kembali agar bisa ditempati dan tempat usaha mereka kembali”, ucap Kak Ramadhani Kirana

Ditempat yang sama Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Kota Solok,  Kak dr. Afridoni Araditha juga menyatakan bahwa rumah yang menjadi sasaran kegiatan bakti adalah rumah yang memang tak layak huni, kita bantu karena beberapa bulan lalu terkena musibah banjir.

Rumah ini separuhnya terbawa arus banjir dan memang tidak layak lagi untuk ditempati, apalagi pemilik rumah juga merupakan warga yang kurang mampu, sehingga dengan program bedah rumah ini bisa meringankan beban mereka, ujar Kak Afridoni Araditha

Kak Afridoni Araditha mengharapkan 20 hari kedepan, pengerjaan rumah dapat diselesaikan dan segera dapat dihuni kembali oleh pemiliknya.

Pemilik rumah Buk Mai yang didampingi suaminya, Mas Totok mengucapkan banyak terima kasih kepada Pramuka dan Pemerintah Daerah Kota Solok yang telah membantu untuk memperbaiki rumah kami.

Terlihat antusias warga sekitar menyaksikan perubuhan rumah dan ada beberapa tokoh masyarakat hadir. Mereka semua menyambut baik adanya kegiatan bedah rumah dari Pramuka.

***

Penulis: Jhohan Syah,  Editor: Saiko Damai
Fotografer: Tim Siber Kwarcab Kota Solok

Share and Enjoy !