mengetik-

Menulislah, karena tanpa menulis akan hilang dari pusaran sejarah
(Pramoedya Ananta Toer)

Mengutip dari Pramoedya Ananta Toer di atas, jika apa yang telah kita lakukan tidak ditulis dan dicatat, maka akan hilang begitu saja tanpa diketahui oleh orang lain.

Begitu juga dengan kegiatan kepramukaan. Apabila Pramuka hanya melakukan aksi begitu saja, tanpa adanya laporan berupa tulisan, maka tidak akan ada orang lain yang akan mengetahui.

Bimbingan Teknis Pembuatan Laporan melalui crawd data online di website Desk Relawan PB BNPB mengenai Aksi Pramuka Peduli Penangan Covid 19 diadakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Kegiatan tersebut didukung oleh UN OCHA, dengan narasumber dari BNPB dan Save The Children pada 3 Agustus 2020 siang melalui media zoom. Pada bimbingan teknis (bimtek) ini dijelaskan mengenai cara Pramuka untuk melaporkan aksi penanganan Covid 19 yang telah dilakukan masing-masing relawan di setiap daerah melalui aplikasi Desk Relawan PB BNPB,  yang dapat diakses pada deskrelawanpb.bnpb.go.id/COVID-19.

“Kegiatan bimtek ini diikuti sekitar 270 peserta dari Kwartir Daerah dan Kwarcab mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara hingga Papua,” kata Kak Bambang Sasongko (Andalan Nasional/anggota Komisi Abdimas).

Teks: Isha (Pramuka Universitas Indonesia)

Share and Enjoy !