WhatsApp-Image-2020-11-08-at-09.43.26-1

Anggota Pramuka harus tetap fokus pada dua hal utama sesuai arahan Presiden Joko Widodo selaku KaMabinas yaitu Gerakan Kedisiplinan Nasional dan Gerakan Kepedulian Nasional.

Dengan Gerakan Kedisiplinan Nasional, Pramuka salah satunya diharapkan menjadi  duta perubahan perilaku, yang sedang diprogramkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 yang dibentuk oleh pemerintah. Tetap taat menjalankan protokol Kesehatan  dengan 3M (Memakai asker, Mencuci angan, dan Menjaga jarak serta menghindari kerumunan).

Demikian diungkapkan Kak Saul R.J Saleky, Andalan Nasional Abdimas sekaligus Asisten Operasi Satgas Covid-19 Kwarnas saat memberikan sambutan dalam pembukaan Pelatihan Budidaya Tanaman dan Ikan, Program Ketahanan Pangan Bagi Saka dan Sako, di Gedung Sarbini, TRW, Cibubur, Minggu (8/11/2020)

“Hingga saat ini sudah terdaftar hampir 2.000 anggota Pramuka mendaftar sebagai Duta Perubahan Perilaku. Tentunya akan terus bertambah, mengingat potensi anggota Pramuka yang demikian banyak,” ujar Kak Saul.

Sementara Gerakan Kepedulian Nasional menurut Kak Saul, salah satunya diimplementasikan melalui Pembinaan Kewirausahaan menuju Pramuka Berwirausaha sebagai salah satu poin dari Dasa Karya Gerakan Pramuka 2018-2023 serta Ketahanan pangan.

Semoga pelatihan ini berdampak positip bagi seluruh peserta khususnya, dan berdampak pada seluruh lapisan masyarakat. Sehingga kita tidak ragu-ragu untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

Naskah: Indah Setyo

Foto: Wahyudi

Share and Enjoy !