Screen-Shot-2020-08-04-at-23.09.06

Dalam Bimbingan Teknis Pramuka Peduli, narasumber dari Save the Children, Kak Petrasa Wacana menjelaskan cara menggunakan situs deskrelawanpb.bnpb.go.id/COVID-19.

Kak Petrasa Wacana menagatakan, bahwa Desk Relawan melaporkan aksi langsung dipetakan sesuai titik lokasi, bahkan peta pada fitur Desk Relawan sampai ke level desa. Sebelum mengirimkan laporan, sebaiknya membuat akun terlebih dahulu apabila belum memiliki akun.

Laporan bisa dikirim tanpa membuat akun, tapi tidak bisa memantau dan menyunting laporan tersebut. Pedoman membuat akun dan mengirimkan laporan dapat diunduh dalam situs tersebut.

Ketika menulis judul aksi, disarankan kata pertama dimulai dengan nama organisasi, untuk memudahkan pelacakan. Foto yang dapat digunakan maksimal berukuran 10 MB. Laporan yang ditulis, sebaiknya memenuhi unsur 5W+1H. 

“Prinsip Desk Relawan adalah prinsip demokrasi, yaitu dari, oleh, dan untuk kita,” ungkap Kak Fredy Chandra dari Save the Children juga.

Selanjutnya Kak Fredy Chandra menegaskan, “Jangan asal-asalan dalam membuat laporan untuk menjaga nama baik kita, karena itu reputasi kita.” 

Admin dari Desk Relawan berasal dari per lembaga dan per wilayah, sehingga memudahkan untuk dilakukan verifikasi laporan dari berbagai wilayah. Kembali lagi, bahwa Desk Relawan menggunakan prinsip demokrasi, maka laporan juga dapat diunduh untuk digunakan oleh siapa saja. Desk Relawan diharapkan dapat membangun narasi secara kolektif, bahwa Indonesia punya ketangguhan. Saat ini setiap kwarda ada orang yang didaftarkan untuk menjadi admin Desk Relawan, sehingga nanti setiap kwarda dapat memantau laporan dari kwarcabnya masing-masing.

Teks: Isha (Pramuka Universitas Indonesia)

Share and Enjoy !