WhatsApp Image 2021-08-12 at 14.50.04 (1)

BANYUMAS – Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas  membantu pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi bagi masyarakat produktif antara lain pekerja, pengemudi ojol, dan pekerja seni dengan target 800 orang, Selasa (10/8/2021) di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas.

Vaksinasi Merdeka Candi terlaksana kerjasama Polresta Banyumas dengan Disnaker dan UKM Banyumas.

Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Kwarcab Banyumas Amrin Makruf mengatakan kegiatan ini menyasar para masyarakat produktif antara lain pekerja, pengemudi ojol, dan pekerja seni, yang belum menerima suntikan vaksin Covid-19.

“Kami membantu kelancaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh tim petugas vaksinator, diprakarsai oleh Polresta Banyumas dan Disnaker dan UKM Banyumas,” katanya.

Dalam kegiatan, petugas mengimbau calon penerima vaksin, agar tetap disiplin dan tidak mengabaikan protokol kesehatan, serta mengarah alur agar tidak terjadi kerumunan. Kegiatan bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat sekaligus memastikan pelaksanaan giat vaksinasi ini dapat berjalan tertib dan lancar.

“Untuk mengurangi kerumunan peserta yang melaksanakan vaksinasi dibagi menjadi 2 (dua) gelombang dengan pengaturan waktu Gelombang 1 pukul 08.00–11.00 WIB dan Gelombang 2 pukul 11.00–14.00 WIB,” lanjut Amrin.

Para Pramuka juga mengedukasi masyarakat adat setelah adanya pemberian vaksin ini diminta agar tetap menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai sudah menerima vaksin protokol kesehatan dilupakan.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan peserta merasa nyaman dengan sistem pengaturan tempat duduk yang jaga jarak.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol M Firman L Hakim yang didampingi Kepala Disnaker dan UKM Banyumas Joko Wiyono saat ditemui disela sela pelaksanaan vaksin menjelaskan, pelaksanaan vaksin Merdeka Candi dalam upaya meningkatkan imuniti warga Banyumas.

”Untuk pelaksanaan vaksin hari ini sasaranya  masyarakat produktif sehingga akan meningkatkan imuniti,” kata Kombes M Firman.

Sedangkan Kepala Disnaker dan UKM Banyumas Joko Wiyono menambahkan dari 800 pekerja yang divaksin berasal dari pekerja perusahaan, pekerja harian lepas, pengemudi ojol dan pekerja seni.
*
*
*

Teks : Parsito Humas Kwarcab
Foto : Dokumentasi Pramuka Peduli

Share and Enjoy !