maskotdpppramuka

Gerakan Pramuka menargetkan 1.000.000 anggotanya untuk menjadi Duta Perubahan Perilaku.

Duta Perubahan Perilaku merupakan program dimana Pramuka melakukan aksinya untuk membantu dalam mencegah percepatan penyebaran virus Covid-19. Namun, pada kenyataannya jumlah pramuka yang sangat besar di Indonesia belum dapat memenuhi target yang ditetapkan. Hal tersebut pun menimbulkan tanda tanya. Mengapa sulit mencapai target padahal jumlah pramuka di Indonesia menjadi yang terbesar di dunia?

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menetapkan bulan Agustus sebagai Bulan Bakti Pramuka melalui SK 094 Tahun 2021. Hal tersebut dimaksudkan, pramuka di seluruh Indonesia melakukan giat bakti kepada masyarakat sesuai kode kehormatan Pramuka. Menurut Kak Saul Ronald Jacob Saleky, Andalan Nasional Komisi Pengabdian Masyarakat masa bakti 2018-2023, pramuka di berbagai daerah sangat kreatif dalam menyambut Bulan Bakti Pramuka ini. Beragam kegiatan diadakan, mulai dari donor darah, vaksinasi, berbagi masker, berbagi sembako, dan lain-lain.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan terus melakukan pendataan secara daring terkait informasi kegiatan bakti masyarakat apa saja yang telah dilakukan dan jajak pendapat tentang pengetahuan serta pemahaman bulan bakti di setiap kwartir. Pendataan tersebut dilakukan, supaya Gerakan Pramuka memiliki arsip dengan data yang jelas.

Pramuka sejak di golongan Pramuka Siaga hingga Pandega selalu berjanji dengan sukarela. Setiap upacara pelantikan baik golongan Pramuka Siaga hingga Pandega, Dwi Satya maupun Tri Satya tidak pernah lupa untuk diucapkan dengan lantang. Namun, janji yang diucapkan tersebut hanyalah sekadar obralan janji, apabila tidak ditepati. Bulan Bakti Pramuka ini adalah saat yang tepat untuk lebih giat mewujudkan janji tersebut, terutama poin dalam Tri Satya Pramuka Penegak dan Pandega, yaitu “Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.”

“Sebagai Pramuka kalau sudah berjanji, ayo buktikan!” kata Kak Saul Ronald Jacob Saleky.

***

Teks: Kak Isha
Editor: Kak Fitri
Foto: Dok. Kwarnas

Share and Enjoy !