Cibubur, Jakarta – Rakernas 2020 berlangsung 19-21 Februari 2020 di Cibubur, Jakarta. Dalam agenda Rakernas ada peringatan Hari Baden-Powell pada Kamis malam (20/02/2020).

Pada acara itu yang bertindak sebagai Pembina yaitu: Waka Kwarnas/Ketua Komisi Binawasa, Kak Suyatno. Kak Suyatno memberikan sambutan Ka Kwarnas.

“Baden-Powell atau nama lengkapnya Robert Stephenson Smyth Baden-Powell yang kemudian bergelar Lord kita kenal sebagai Bapak Pramuka Sedunia. Dilahirkan pada 22 Februari 1857, tanggal dan bulan kelahirannya kemudian ditetapkan sebagai Hari Bapak Pramuka Sedunia atau Bapak Pandu Sedunia.

“Pada awal tahun 1900, Baden-Powell yang merupakan purnawirawan jenderal dari angkatan perang kerajaan Inggris melihat banyak anak dan remaja di negaranya yang kurang mempunyai kegiatan positif dan akhirnya terjebak dengan kegiatan-kegiatan negatif bahkan kriminalitas remaja yang meresahkan masyarakat. Hal itu yang membuat Baden-Powell memikirkan untuk membuat kegiatan positif bagi anak dan remaja di negaranya.”

Acara peringatan diadakan di Lapangan Gadjah Mada, Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta. Seluruh peserta dan para Waka Kwarnas hadir dalam peringatan tersebut.

Sambutan Ka Kwarnas untuk Hari Baden-Powell ini berisi sejarah singkat tentang tokoh pendiri kepanduan dunia. Dengan begitu, kita diingatkan usaha mulia dari Baden-Powell. Baden-Powell juga berusaha menjadikan dunia yang lebih baik. “Itulah yang menjadi slogan gerakan kepramukaan sedunia saat ini yaitu, “Para Pramuka Menciptakan Dunia yang Lebih Baik”. Upaya menciptakan dunia yang lebih baik itu dapat kita lakukan mulai dari lingkungan terkecil, yaitu di dalam keluarga masing-masing.”

Dengan terciptanya keluarga yang damai dan sejahtera. Selanjutnya dapat menularkan kebaikan di lingkungan/masyarakat.

Share and Enjoy !