WhatsApp-Image-2021-07-18-at-16.24.49

BANYUMAS – Meningkatnya penyebaran virus corona memberikan dampak besar bagi kehidupan masyarakat di Indonesia. Terutama saat diterapkannya PPKM Darurat dua pekan terakhir, banyak warga yang tidak mendapat penghasilan dan bahkan mereka kehilangan mata pencaharian karena tempat usaha ditutup, ditambah penyekatan jalan diberlakukan.

Menyikapi hal tersebut Pramuka Banyumas menyambut baik ajakan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banyumas Ny Erna Sulistyawati Achmad Husein, untuk bergabung dalam kegiatan “Jogo Tonggo”.

Jogo Tonggo merupakan gerakan yang dilandaskan semangat solidaritas masyarakat yang saling menjaga dan membantu dalam segala hal. Kegiatan kali ini PKK bersama Pramuka membagikan nasi kepada tukang parkir, tukang becak dan warga yang isoman, Sabtu (17/7/2021) dengan menyusuri Jalan Jenderal Soedirman Barat hingga Pasar Karanglewas.

“Program Jogo Tonggo Mobille berupa pembagian Nasi Box kepada masyarakat terkena dampak langsung PPKM Darurat antara lain tukang becak, tukang parkir, pedagang kaki lima, sopir, tenaga kebersihan dan masyarakat yang melaksanakan Isolasi Mandiri,” katanya

Adi menambahkan kegiatan ini mulai efektif dilaksanakan mulai Sabtu (17/7/2021) sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan bersama Ketua Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein, beberapa pengurus terlibat langsung dalam kegiatan ini.

Sementara dari unsur Pramuka Waka VI Bidang Abdimas Kwarcab, Kak Amrin Ma’ruf, Sekretaris Bidang Bina Satuan Kak Sarikin, Ancu Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana Kak Ari Pringgo Aji bersama 4 anggota Pramuka Peduli Kwartir Cabang Banyumas serta 2 personil Saka Bhayangkara Polresta Banyumas ikut terlibat dalam kegiatan ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein kegiatan “Jogo tonggo” dengan cara membeli nasi kotak atau rames dari pedagang yang terdampak, untuk dibagikan kepada warga yang terdampak merupakan kepedulian dari warga untuk warga.

“Donatur pertama ini dari Bapak Bupati, besok Wakil Bupati, besoknya Sekda dan seterusnya hingga asisten dan kepala OPD. Pembagian nasi kisaran 100-200 bungkus per hari, untuk warga Purwokerto dan sekitarnya,” kata Kak Erna Husein

Ketua TP PKK ini juga mengajak PKK kecamatan, dapat melaksanakan kegiatan serupa dengan melibatkan para warga yang mampu disekitar atau CSR pengusaha lokal kemudian untuk didistribusikan kepada warga yang terdampak khususnya isoman. Ia juga mensyaratkan penjual nasi/rames yang akan dibagikan harus higienis.

“Kami juga berharap para ASN terlibat dalam kegiatan ini. Dengan berjalannya program ini akan sedikit membantu para pedagang nasi rames yang dibeli secara bergantian dan masyarakat yang membutuhkan khususnya Isoman dapat dibantu, pemenuhan makanannya tetap melibatkan warga sekitar, anggota dan pengurus Pramuka di Kwarran,” pungkasnya. (Sd.pusinfo.KN)

*
*
*

Teks : Parsito
Foto : Dokumentasi Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas

Share and Enjoy !