WhatsApp Image 2020-09-27 at 13.37.11

Meski virus Corona belum hilang, kegiatan kepramukaan masih dapat berjalan. Pada hari Minggu pagi ini (27/09/2020) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kwarnas) melaksanakan kegiatan Peringatan International Day of Peace (Hari Internasional Perdamaian). Tentu kegiatan tersebut berlangsung secara virtual. Tema yang diusung adalah “Shapping Peace Together”.

Peringatan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena semua kegiatan dilaksanakan secara virtual dalam bentuk “Virtual Peace Run” dan “Short Video Compettion on Peace”

Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian ada sambutan Ketua Kwarnas. Pada saat ini Ketua Kwarnas diwakili oleh Waka Kwarnas/Ketua Komisi Kerjasama Luar Negeri, Kak Ahmad Rusdi. Hari Internasional Perdamaian sebenarnya pada tanggal 21 September. Namun, kita memperingati seminggu setelah tanggal itu.

“Ini membuktikan bahwa meskipun Pandemi Covid-19 melanda dunia tetapi kegiatan kepramukaan dapat tetap berjalan. Ini sekaligus membuktikan bahwa Gerakan Pramuka amat menghargai arti perdamaian di semua bidang,” kata Kak Rusdi.

Waka Kwarnas/Ketua Komisi Kerjasama Luar Negeri, Kak Ahmad Rusdi.

Kak Budi Waseso mengharapkan agar Gerakan Pramuka melalui Gerakan Kedisiplinan Nasional, pramuka dapat menjadi contoh perilaku disiplin protokol kesehatan di mana pun berada. Sementara melalui Gerakan Kepedulian Nasional, lramuka diharapkan terus peduli membantu sesama warga masyarakat yang mengalami kesulitan di tengah pandemi ini.

Kegiatan Messengers of Peace (MoP) yang dikenal dengan Duta Perdamaian ini dapat terus ditumbuhkembangkan di lingkungan Gerakan Pramuka, dengan melibatkan sebanyak mungkin anggota, mulai dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega sampai anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka.

Disamping itu semua kegiatan Duta Perdamaian agar dipublikasikan, supaya jam bakti terus ditingkatkan. Dengan begitu terlihat bahwa Gerakan Pramuka yang mempunyai jumlah anggota terbesar di seluruh organisasi kepanduan juga berperan penting dalam membantu menciptakan dunia yang lebih baik.

Setelah menyampaikan sambutan, Kak Rusdi langsung membuka Virtual Peace Run atau Lomba Lari Perdamaian Dunia secara Virtual. Selain Kak Rusdi, hadir dalam peringatan itu tiga Waka Kwarnas lain, yaitu: Kak Supriyadi, Kak Suyatno, dan Kak Kingkin Suroso.

Virtual Peace Run adalah lari dengan rute sejauh 3 km, dengan waktu maksimal 30 menit. Flag off pada pukul 07.20 WIB dan Cut off pada pukul 08.15 WIB . Peserta berlari di area rumah masing-masing dengan menggunakan Aplikasi Endomondo. Sebanyak 329 peserta Virtual Peace Run yang berasal dari Pramuka Penegak, Pandega dan Pembina seluruh Indonesia.

Selama kegiatan lari itu, Kak Rusdi sangat bersemangat mengajak seluruh peserta Zoom agar berlari di tempat. Selain kegiatan itu, ada lomba video pendek bertemakan Perdamaian. Lomba itu dimenangkan oleh Akun Riska Cahya.

Sambil menunggu pengumuman pemenang Virtual Peace Run diadakan “Fun Games” dan yang mendapatkan hadiah dari MOP adalah akun Mayangggg.

“Kita semua harus tetap semangat, Taat pada Protokol Kesehatan karena jangan sampai kita membuat cluster baru. Dan yang terpenting adalah tiap orang harus membuat design-design untuk jadi lebih kreatif di masa depan,” kata Waka Kwarnas/Ketua Komisi Pembinaan Anggota Muda Kak Supriyadi, pada acara Sharing Session.

Waka Kwarnas/Ketua Komisi Pembinaan Anggota Muda Kak Supriyadi,

Peringatan virtual ini berakhir setelah diumumkannya 10 pemenang Virtual Peace Run kategori Putera dan Puteri. Dan peserta yang berhasil menempuh jarak 3 km akan mendapatkan E-Sertifikat.

Teks: Kak Indah
Foto: Dok. MoP

Share and Enjoy !