WhatsApp Image 2021-09-05 at 06.16.03

MEDAN – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara, Kak H Nurdin Lubis SH MM, mendukung rencana Kota Medan sebagai kota Pramuka.

“Kita berharap Kota Medan menjadi barometer kepramukaan secara nasional dan Kepada Wali Kota Medan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang untuk dapat memfasilitasi program kerja Kwartir Cabang dalam mewujudkan Medan sebagai kota Pramuka,” ucap Kak H Nurdin Lubis SH MM pada acara pelantikan Ketua dan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan masa bakti 2020-2025, Sabtu (04/09/2021), di lapangan upacara kantor Pemko Medan, Jalan Maulana Lubis.

Selanjutnya pada waktu yang sama Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M, melantik Ketua dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan Masa Bakti 2020-2025, dan pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan.

Kak Nurdin Lubis mengatakan, tugas pokok Majelis Pembimbing adalah memberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, materil, finansial dan konsultasi kepada gugus depan, satuan dan kwartir. Memberi bimbingan yang dimaksud adalah memberi arahan, saran, nasehat, dan dukungan moral.

“Selamat mengemban tugas, mudah-mudahan program kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan jajaran kwartir di bawahnya dapat berjalan dengan baik. Jalankan pembinaan yang kolektif dan kolegial,” kata Nurdin Lubis.

Kepada pengurus Kwartir Cabang diingatkan untuk terus melakukan pembinaan terhadap kwartir ranting, gugus depan, Saka dan Sako. “Lakukanlah pembinaan dengan baik sehingga Pramuka khususnya di Kota Medan lebih baik lagi,” ujarnya.

Kak Nurdin Lubis juga mengatakan, baru saja Gerakan Pramuka merayakan Hari Pramuka ke-60 tahun dengan tema Berbakti Tanpa Henti. Sebagai Pramuka juga mempunyai tanggung jawab moral untuk turut serta memutus matarantai penyebaran Covid-19. Karenanya diingatkan sebagaimana pesan Presiden Jokowi pada Hari Pramuka Tingkat Nasional meminta setiap anggota Gerakan Pramuka dapat menjadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran   covid-19.

Sebelumnya Wali Kota selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan yang baru dilantik, Kak Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M, mengatakan, pelajaran berharga yang dapat diambil dari pramuka adalah belajar untuk bertahan hidup dari segala kondisi dan beradaptasi dalam kondisi apapun. Dimasa pandemi seperti saat ini, dunia sedang dihadapkan dengan cobaan besar yakni Covid-19.

“Alhamdulillah kita bisa bertahan dalam kondisi yang sulit ini, salah satunya berkat ilmu yang didapat dalam kepramukaan yakni, bertahan hidup dan beradabtasi,” katanya.

Boby berharap agar anggota Pramuka mengajak masyarakat untuk mampu bertahan dan beradabtasi dalam menghadapi masa sulit ini.

“Mudah-mudahan seluruh pengurus Majelis Pembimbing dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan yang baru dilantik dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya,” pungkas Kak Boby.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan, H Muhammad Husni SE, M.Si, mengatakan, di Kota Medan terdapat kurang lebih belasan ribu anggota pramuka semua tingkatan, Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega butuh perhatian dan pembinaan. Begitu juga para pembina yang harus dilatih untuk ditingkatkan kamampuannya agar lebih profesional.

Karenanya butuh sinergi bersama bagi semua pihak untuk membangkitkan kembali Gerakan Pramuka di Kota Medan. “Mari kita jadikan Medan sebagai kota Pramuka,” ajak Kak Husni penuh semangat.

***

Penulis : Sugiatmo MA,  Editor : Saiko Damai
Fotografer : Selamet Untung Suropato Siregar

Share and Enjoy !