WhatsApp-Image-2021-06-01-at-13.14.49

Bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Pusdiklatnas) pada Selasa (01/06/2021) menyelenggarakan Lokakarya Nasional Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tahun 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybrid, atau luring dan daring. Secara luring berlangsung di Aula Gedung Pusdiklatnas Cibubur, Jakarta Timur, sementara peserta berada di daerah masing-masing mengikuti secara daring.

Lokakarya Nasional Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tahun 2021 bertujuan untuk mencetak sumber daya unggul demi terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan Gerakan Pramuka yang lebih terarah, berkembang, sistematis, dinamis dan berkesinambungan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kwarnas Kak Mayjen TNI Dr. Bachtiar, S.IP., M.A.P, didampingi Kapudiklatnas Gerakan Pramuka Kak Dr. Joko Mursitho, M.Si..

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kak Bachtiar, Ka Kwarnas Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso mengatakan, bahwa kegiatan Pusdiklatnas harus tetap berjalan, walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19.

Apalagi Kwarnas sudah mendapatkan arahan dari Presiden Republik Indonesia selaku Kamabinas Gerakan Pramuka agar menjalankan 2 (dua) gerakan penting yaitu Gerakan Kedisiplinan Nasional dan Gerakan kepedulian Nasional.

“Untuk para pelatih dan pembina Pramuka dapat berperan aktif baik secara teori maupun praktik, memahami dan melaksanakan pentingnya protokol kesehatan dan peduli terhadap sesama pelatih pembina maupun ke peserta didik,” lanjut Ka Kwarnas.

Sekretaris Jenderal Kwarnas Kak Mayjen TNI Dr. Bachtiar, S.IP., M.A.P

Mengingat kegiatan bertepatan dengan peringatan hari lahir Pancasila, Ka Kwarnas juga berpesan bahwa Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang berazaskan Pancasila, dibawah arahan para pelatih dan pembina harus terus berkarya tanpa henti untuk menanamkan dan memupuk jiwa Pancasila kepada peserta didiknya.

“Bukan sekedar menghapal butir-butir yang terdapat dalam pancasila, tetapi melaksanakan dengan kesungguhan oleh anggota Pramuka itu sendiri,” tandas Ka Kwarnas.

Sementara itu Kapusdiklatnas Gerakan Pramuka Kak Dr. Joko Mursitho, M.Si mengatakan tercapainya kegiatan Lokakarya senantiasa bisa menghasilkan input pada peserta tentang, pemahaman kebijakan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, pemahaman pengelolaan akreditasi pusdiklat, pemahaman tentang pendidikan pelatihan instruktur muda dan teknik dalam kegiatan di alam terbuka yang edukatif, aman dan menarik, serta untuk peningkatan keterampilan kepemimpinan para pelatih dan pembina Pramuka.

Kapusdiklatnas Gerakan Pramuka Kak Dr. Joko Mursitho, M.Si

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni 1 hingga 2 Juni 2021. Diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari 34 Kapusdilatda, 34 Sekretaris Pusdiklatda, 34 Andalan Daerah Bidang Binawasa, 34 Pelatih Daerah dan 17 Pelatih Pusdiklatnas.

Yang menjadi narasumber dalam Lokakarya Nasional Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tahun 2021 antara lain Kak Prof. Suyatno, Kak Dr. Chairul Huda, SH,MH., Drs. Yana Suptiana, M.Pd., Prof T Jana Anggadiredja, Dr. Bayu Tresna M.Sc. dan Kak Laiyin Nento.

Sebelum mengikuti kegiatan, seluruh Panitia dan peserta yang hadir secara langsung di Pusdiklatnas wajib menjalani tes swab antigen.

***

Teks: Kak Yudhi
Foto: Kak Sis

Share and Enjoy !