WhatsApp Image 2021-08-31 at 20.3

Muhammad Fakhir Naufal, Pramuka Penegak Garuda dari Jakarta Selatan memberi inspirasi bagi para Pramuka. Pemuda kelahiran tahun 2000 itu menerima tiga buah penghargaan sekaligus pada bulan Agustus 2021. Penghargaan yang diterima yaitu pencapaian Pramuka Garuda dari Kwartir Cabang Jakarta Selatan, Lencana Donor Darah Sukarela 10x dari Palang Merah DKI Jakarta, dan pencapaian langka Lencana Karya Bakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Fakhir Naufal aktif dalam berbagai kegiatan internal dan eksternal Gerakan Pramuka. Selain aktif di Gugus Depan Jakarta Selatan 01-170, juga dipercaya sebagai Sekretaris Dewan Kerja Ranting Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Di samping aktivitasnya sebagai seorang Pramuka, Fakhir juga merupakan mahasiswa Fakultas Hukum di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan aktif sebagai salah seorang pengurus Lembaga Studi dan Konsultasi Hukum (Laskum) UMJ.

Deretan penghargaan yang diperoleh Fakhir merupakan apresiasi atas aktivitas, inisiatif, dan karyanya bagi Gerakan Pramuka dan masyarakat umumnya. Uniknya, ketiga penghargaan tersebut seluruhnya diterima pada bulan yang sama. Salah satunya merupakan pencapaian tertinggi Pramuka pada tiap golongan, Fakhir menjadi Pramuka Penegak Garuda setelah berproses selama lima tahun.

“Tapak Penegak proses perjalanan lima tahun ini akhirnya sempurna. Selain proses, Pramuka Garuda juga harus punya project yang orientasinya bakti kepada masyarakat, itu yang terpenting karena filosofi kita harus setia, siap, dan sedia”, ujar Fakhir mengungkapkan rasa syukur atas pencapaiannya yang diraihnya.

Dari perjalanan Fakhir menuju Pramuka Garuda tersebut ia menginisiasi dan terlibat dalam berbagai aktivitas yang mengantarkan dirinya menerima penghargaan Lencana Karya Bakti dari Kwartir Nasional. Salah satunya ialah inisiatif kampanye nasional Pramuka Donor Darah di Instagram dan aktivitasnya sebagai anggota tim Pramuka di Rumah yang menyediakan latihan kepramukaan untuk ribuan Pramuka di seluruh Indonesia pada masa pandemi Covid-19. Ia juga dipercaya sebagai tim desain publikasi pada rangkaian Hari Pramuka tingkat Nasional tahun 2020 dan 2021.

Karena karyanya diraih dengan keikhlasan, pengorbanan, disiplin, dan keberanian terlibat langsung dan aktif dalam penanggulangan bencana nasional sehingga bermanfaat bagi kepramukaan, masyarakat, bangsa, dan negara.

Sesuai dengan petikan penghargaan yang ia terima, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menganugerahkan Fakhir dengan Lencana Karya Bakti. Lencana tersebut disematkan secara langsung oleh Ketua Komisi Organisasi dan Hukum Kwarnas, Kak Dr. Chairul Huda, S.H., M.H. dalam rangkaian Hari Pramuka tahun 2021 di Cibubur, Depok. Di Jakarta hanya terdapat empat orang Penegak dan Pandega lain yang pernah menerima lencana serupa.

Fakhir menerima Lencana Karya Bakti yang disematkan secara langsung oleh Ketua Komisi Organisasi dan Hukum Kwarnas, Kak Dr. Chairul Huda, S.H., M.H.

Fakhir yang juga merupakan penggerak dan pendonor darah sukarela menerima penghargaan pula dari Ketua PMI DKI Jakarta. Ia telah secara rutin mendonorkan darahnya sebanyak 10 kali, dan oleh karenanya menerima penghargaan Lencana Donor Darah Sukarela langsung dari Ketua PMI DKI Jakarta Kak H. Syarifuddin, M.M. pada Senin (8/9/2021).

Menurut penuturan Fakhir mendonorkan darah begitu penting pada masa pandemi, mendonorkan darah bukanlah hal sederhana bagi Fakhir yang memiliki ketakutan akan jarum suntik namun ia berhasil mengalahkan ketakutannya.

“Ada hal yang lebih penting daripada menyelami rasa takut, yaitu usaha kita menyelamatkan sesama manusia,” tandasnya.

Selain itu ia juga secara rutin mengajak kawan-kawan Pramuka dan teman-temannya di kampus untuk ikut mendonorkan darah pada masa pandemi.

Tidak hanya bagi dirinya, Fakhir juga menjadi trendsetter dan inspirator dengan berbagai cara.

“Bagusnya kalau semua Penegak Pandega Jakarta ikut aktif berkontribusi bagi masyarakat. Lengkap bina diri, bina satuan, akhirnya manfaat untuk masyarakat. Yang penting kita mampu lihat masalah di sekitar kita, semangat untuk melakukan sesuatu untuk memperbaiki, manfaatkan teknologi, lakukan inovasi, dan jangan lupa kolaborasi”, papar Fakhir.

Semangat Fakhir tersebut adalah inspirasi bagi Pramuka Jakarta khususnya untuk ambil bagian dalam persoalan-persoalan kota Jakarta dan warganya, sesuai amanat Ka Mabida Kak Anies Baswedan yang telah berulang kali disampaikan.

Fakhir juga secara rutin mempublikasikan aktivitasnya melalui akun Instagram pribadinya @fakhirnaufal08, dengan senang hati ia selalu menyambut baik diskusi dan kolaborasi untuk bermanfaat bagi sesama.

***

Penulis: Prakoso Permono

Share and Enjoy !