920011_07350906112017_pramuka-putri

Bimbingan teknis (bimtek) yang diadakan Senin siang (3/8/2020) ini berlangsung selama dua jam. Yang terlibat dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam bimtek ini yaitu Andalan Nasional Komisi Abdimas, yaitu: Kak Bambang Sasongko, yang akrab disapa Kak Kokok dan Kak Saul Saleky

Kak Kokok berpendapat, bahwa partisipasi dan kontribusi Pramuka khususnya dalam aksi percepatan penanganan COVID-19 wajib dan perlu menyampaikan laporan yang dipublikasikan melalui aplikasi Desk Relawan PB BNPB. Dengan demikian, laporan itu dapat dibaca oleh masyarakat luas selain Gerakan Pramuka.

“Peran dan kontribusi Pramuka tersebut bukan untuk ajang pamer, melainkan untuk memenuhi prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas sebuah lembaga dalam penanganan COVID-19,” kata Kak Kokok. “Sesuai dengan tema Hari Pramuka ke-59 tahun ini, yaitu Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana COVID-19-10 dan Bela Negara, maka diharapkan Pramuka berperan aktif dan berkontribusi dalam percepatan penanganan COVID-19 sebagai wujud pertanggungjawaban Pramuka pada Kode Kehormatan yaitu Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.”

Kak Kokok menjelaskan pula mengenai Rencana Tindak Lanjut (RTL) pasca bimbingan teknis tentang Pelaporan Relawan Pramuka Peduli dalam Penanganan COVID-19. Sesuai tema yang diusung Hari Pramuka tahun ini, maka ditargetkan Agustus ini akan ada tambahan laporan setiap orang memberi 1 laporan, Kwarcab memberi 3 laporan, dan 10 laporan dari kwarda. Selain itu juga ada pendampingan melalui pertemuan mentoring pasca Bimtek secara periodik.

Kak Saul Saleky yang menjadi moderator dalam acara Bimtek Pramuka Peduli itu  pada akhir pengujung acara berpesan, bahwa Hari Pramuka akan dilaksanakan secara daring. Kwartir Nasional berharap ada kontribusi dari Pramuka setiap daerah untuk mengirimkan foto atau video ke link ini:

https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1TTH5cMmebalQbye1ap725fPFaxIkvmTH

Teks: Isha (Pramuka Universitas Indonesia)

Share and Enjoy !