WhatsApp-Image-2021-06-05-at-17.23.13-1

JAKARTA – Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso Jum’at (4/6/2021) pagi melantik Mabisaka SBH dan Pengurus Saka SBH tingkat nasional pergantian antar waktu masa bakti 2020-202 di R.R Siwabessy Lantai 2 Gedung Prof. Dr. Sujudi, Kemenkes RI, Jakarta.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada Tingkat Nasional berikut jajarannya. drg. Oscar Primadi, MPH, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Rl dilantik menjadi Ketua Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional sementara Ketua Hariannya ditunjuk dr. lmran Agus Nurali, Sp.KO (Direktur Promosi Kesehatan).

Usai prosesi pelantikan, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso menyebutkan bahwa Saka Bakti Husada yang merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan diri para Pramuka, khususnya Pramuka Penegak dan Pandega kepada masyarakat dalam bidang kesehatan, sudah sepantasnya ikut pula bergiat membantu Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 yang telah dibentuk Gerakan Pramuka.

Termasuk saat ini sedang dilaksanakan, yaitu mengajak para Pramuka menjadi Duta Perubahan Perilaku. Melalui aktivitas ini, para Pramuka diharapkan dapat menjadi pelopor mengajak masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan dan berusaha membantu mengurangi berbagai dampak yang ditimbulkan dari situasi pandemi Covid-19 ini, ungkap Kak Budi Waseso.

Ketua Kwarnas mengapresiasi kiprah SBH bahwa sejak dibentuknya Saka Bakti Husada pada tahun 1985 atau 36 tahun lalu, telah banyak membaktikan diri dan berjasa bagi pengembangan Gerakan Pramuka khususnya di bidang kesehatan.

Kiprah ini tentunya terus berlanjut, Saka Bakti Husada dapat menjadi contoh baik bagi Pramuka maupun masyarakat luas, bagaimana berperilaku hidup bersih dan sehat. Meskipun anggota Saka umumnya adalah Pramuka Penegak dan Pandega, akan tetapi saya berharap agar pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat dapat dilakukan mulai dari golongan Pramuka Siaga, ujar Kak Budi Waseso

“Sejak usia dini, anak-anak harus kita ajarkan dan didik untuk berperilaku hidup bersih dan sehat”, Pungkas. Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Teks: Saiko Damai
Foto: Yudhi

Share and Enjoy !