JAKARTA – Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono mengatakan secara legalitas nanti sejarah akan mencatat bahwa Gerakan Pramuka telah ikut serta dalam gerakan vaksinasi.

“Jadi kami (Kementerian Kesehatan) sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Gerakan Pramuka dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak”, kata Wamenkes Dante Saksono Harbuwono saat memberi pengarahan pada acara Vaksinasi Covid-19 di Lingkungan Kwarnas Gerakan Pramuka di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta secara virtual, Selasa (6/7/2021).

Pramuka hadir untuk negara pada hari ini dan Pramuka hadir untuk sebuah sejarah dalam perjalanan pandemi pada hari ini, tegas Wamenkes RI.

Pak Dante Saksono sempat melontarkan pertanyaan … “Kapan pandemi ini selesai”,…  jawabannya tentu tergantung dari kita semua, penyelesaiannya bukan hanya terprogram dari Kementerian Kesehatan RI semata akan tetapi sangat membutuhkan peran kita semua baik dari pemerintah, masyarakat dan seluruh elemen masyarakat termasuk Gerakan Pramuka yang hari ini melakukan gerakan vaksinasi.

“Memberi vaksinasi kepada satu orang maka kita bisa melindungi angka migrasi virus terhadap orang tersebut dan dengan 900 vaksinasi yang  diberikan pada hari ini, Selasa (6/7/2021), kita akan bisa memberi imunity 900 orang dan malah kita bisa mencegah 900 transfer virus tersebut dari orang ke orang”, kata Dante Saksono.

Wamenkes, Dante Saksono sangat tahu bahwa persiapan vaksinasi tidaklah mudah termasuk menentukan sentra vaksinasi juga tidaklah mudah, butuh waktu, butuh tenaga dan biaya yang tidak sedikit tetapi hari ini Gerakan Pramuka mampu melakukannya.

Sementara itu Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso berharap gerakan vaksinasi covid-19 ini dapat dilaksanakan di seluruh Indonesia.
 
“Kami sudah siapkan di kwarda-kwarda dan harapan nantinya bisa dilaksanakan di tingkat Kwarcab dan bahkan di gugus depan bisa melakukan kegiatan yang sama dalam membantu program pemerintah termasuk program Kementerian Kesehatan”, pungkas  Kak Budi Waseso.

*

*

*

Teks : Saiko Damai
Foto : Tim Humas Vaksinasi

Share and Enjoy !