JAKARTA – Virus corona atau Corona virus Disease (COVID-19) telah menjadi pandemi (wabahpenyakit) di planet bumi, tak terkecuali Indonesia. Berbagai upaya pencegahan pun dilakukan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan dua surat edaran terkait pencegahan dan penanganan virus corona atau covid-19. Yakni, Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan covid-19 di lingkungan Kemendikbud dan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan covid-19 pada Satuan Pendidikan.
World Organization of the Scout Movement (Organisasi Gerakan Kepanduan Sedunia) juga telah mengeluarkan WOSM Advisoryon COVID-19 forNSOs tentang COVID-19 untuk organisasi nasional kepanduan.
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, melalui surat edaran resmi yang ditanda tangani Sekretaris Jenderal, Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar, S.IP, M.AP, juga menyampaikan beberapa hal terkait hal wabah COVID-19.
“Seluruh jajaran Gerakan Pramuka diharapkan ikut berpartisipasi dalam mengantisipasi dan mencegah semakin merebaknya wabah virus COVID-19,” ujar Kak Bachtiar.
Kak Bachtiar juga mengingatkan agar seluruhsatuan Gerakan Pramuka secara terus-menerus melakukan advokasi penyuluhan cara-cara hidup sehat dengan langkah-langkah berikut:

– Selalu menjaga kebersihan dengan antara lain mencuci tangan, menggunakan sabun, atau cairan alkohol, dan air, paling sedikit selama 20 detik.
– Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan menggunakan tangan.
– Bila batuk atau pilek, tutup mulut dan hidung dengan menggunakan siku atau kertas tissue. Segera buang kertas tissue yang telah digunakan ke tempat sampah yang tersedia.
– Bila tak begitu penting, hindari kerumunan orang banyak dan jangan mendekat pada orang yang mengalami pilek dan batuk.
– Bila merasa kurang sehat, pilek, batuk dan demam, serta kesulitan bernapas,segera konsultasikan diri ke tenaga kesehatan setempat.
– Membersihkan tempat-tempat yang sering disentuh oleh tangan.
– Sesuai petunjuk WHO (organisasi kesehatan sedunia), gunakan masker hanya bila merasa kurang sehat atau sedang mengunjungi orang yang kurang sehat.
– Bila ingin melakukan perjalanan terutama ke luar kota atau ke luar negeri, pastikan aturan dan petunjuk yang berlaku, terkait penanganan wabah virus COVID-19.

Sejalan dengan itu, Sekjen Kwarnas juga mengingatkan bahwa kegiatan-kegiatan kepramukaan yang melibatkan banyak orang, untuk sementara agar dibatasi.
“Semua kegiatan kepramukaan yang melibatkan orang banyak bila perlu ditunda atau dibatalkan sampai ada pemberitahuan lebih lanjut,” tegas Kak Bachtiar.
Namun demikian, diharapkan kwartir atau panitia penyelenggara acara dapat menyiapkan rencana cadangan sebagai pengganti penyelenggaraan acara yang telah disiapkan.

Keterangan lebih lanjut silakan menghubungi:

G u r i t n o
Kepala Pusat Informasi Nasional Gerakan Pramuka
HP 0818802452

Share and Enjoy !