WhatsApp-Image-2021-08-02-at-12.28.32-1

JAKARTA – Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka/Ketua Komisi Organisasi dan Hukum (Orgakum), Dr. Chairul Huda, SH, MH menghimbau kepada Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka seluruh Indonesia untuk menggelar Vaksinasi Covid-19 dengan melakukan kolaborasi dengan berbagi pihak terkait.

“Di masa Bulan Bakti Pramuka ini mari kita isi dengan berbagai kegiatan sosial termasuk menggelar kegiatan vaksinasi covid-19”, ungkap Kak Chairul Huda saat memimpin rapat panitia Hari Pramuka ke-60 Tingkat Nasional beberapa waktu yang lalu.

Langkah keikutsertaan Gerakan Pramuka dalam mendukung program vaksinasi covid-19 sudah terlihat dibeberapa jajaran kwartir. Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor misalnya, telah gencar mengikuti kegiatan vaksinasi covid-19 dengan melakukan kolaborasi dengan lembaga terkait.

Hari Selasa (3/8/2021) besok, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar vaksinasi covid-19 dosis kedua. Kegiatan  vaksinasi akan berlangsung di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta.

Untuk mempersiapkan kegiatan vaksinasi covid-19 kedua, hari ini, Senin (2/8/2021) tim Kwarnas Gerakan Pramuka bersama tim Kementerian Kesehatan RI melakukan Rapat Koordinasi dan gladi bersih pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis kedua pada Selasa pagi nanti.

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Penanggungjawab Vaksinasi, Kak Ir. Ermadi. Beliau berharap pelaksanaan vaksinasi nanti dapat berjalan lancar. Oleh karena itu dari hasil evaluasi pelaksanaan vaksinasi dosis pertama maka ada sedikit perubahan posisi.

“Ini dilakukan agar calon peserta vaksinasi diharapkan tidak terjadi penumpukkan seperti terjadi pada pelaksanaan vaksinasi dosis pertama”, kata kak Ermadi.

Sementara itu Koordinator Subdit Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, Dra. Herawati MA mengatakan bahwa pada pelaksanaan vaksinasi dosis kedua, ada penambahan bilik vaksinasi dari 8 bilik di pelaksanaan vaksinasi dosis pertama menjadi 10 bilik di pelaksanaan vaksinasi dosis kedua.

Oleh karena itu tambah kak Herawati, ada penambahan tim pendukung vaksinator pada vaksinasi Covid-19 di lingkungan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, yaitu dari RS. Kartika Pulomas, KKP Tanjung Priok, KKP Soekarno Hatta, SBH Krida P2, RS. Pertamedika dan RS Dharmais.

Bagi mereka yang pada vaksinasi dosis pertama tidak bisa divaksin/gagal karena berbagai hal, mereka dapat mengikut vaksinasi kedua ini dengan catatan untuk vaksinasi dosis kedua nanti dapat dilakukan di Puskesmas Ciracas, Jakarta pungkas Kak Herawati.

Perlu diketahui seluruh petugas yang terlibat dalam vaksinasi dosis kedua ini, mereka diwajibkan mengikuti tes Swab Antigen. Tes swab antigen seluruhnya difasilitasi oleh panitia (Kwartir Nasional). Ini tentu salah satu langkah untuk menghindari penyebaran virus covid-19.
*
*
*
Teks : Saiko Damai
Foto : Haerudin








Share and Enjoy !