WhatsApp-Image-2021-05-23-at-20.29.42

PURWOKERTO – Barung Hijau Putra dari pangkalan SDN 4 Kranji yang mewakili Kwarran Purwokerto Timur dan Barung Putih putri SDN 1 Kebanggan yang mewakili Kwarran Sumbang berhasil mengumpulkan nilai tertinggi dan menjadi juara pada pesta siaga yang digelar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyumas secara virtual.

Mereka bersama juara 2 berhak mewakili Kwarcab Banyumas pada ajang Persari di Tingkat Kwarda Jawa Tengah.

Pesta siaga diikuti 54 barung utusan dari 27 Kwarran yang ada di Kwarcab Banyumas. Kegiatan dibuka Kamis (20/05/2021) dan ditutup Sabtu (22/05/2021).

Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengatakan, Pesta Siaga Tahun 2021 sebagai wahana pertemuan para Pramuka Golongan Siaga yang berisi acara kegiatan bersama di Kwartir Cabang Banyumas dalam kondisi Covid-19.

Kegiatan ini juga dijadikan sarana untuk membina dan mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama Pramuka Siaga, mengembangkan sikap terbuka dan antar Pramuka Siaga dengan tukar menukar pengalaman, pengetahuan, dan kecakapan, kata Kak Achmad Supartono

“Selain itu juga memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan, serta kesadaran berbangsa dan bernegara dan membentuk pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri
generasi sebelumnya, juga melatih ketahanan mental, jasmani, dan rohani pramuka siaga di masa pandemi” jelas Ketua Kwarcab.

Sementara itu Sekretaris Bina Muda, Kak Wahyu Handoko mengatakan  para perserta harus bermain di 8 pos taman bermain antara lain taman ketaqwaan, taman menyanyi, taman parade puisi,  taman bumbung kemanusiaan, taman cinta lingkungan, taman siaga pintar, taman karya siaga dan taman holahop

“Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Banyumas, Kak Achmad Supartono Kamis (20/5/2021) dan ditutup oleh Waka Binawasa Adi Suroso, Sabtu (22/05/2021),” ujar kak Wahyu Handoko

Handoko berharap kegiatan tersebut dipergunakan sebagai sarana mengasah kemampuan, keterampilan dan kerjasama dalam kepramukaan. Pada kegiatan pesta siaga sikap kejujuran menjadi prioritas untuk menanamkan nilai budi pekerti kepada anak.

“Karena virtual Panitia menekankan kejujuran dan transparan dalam penilaian, dan membuat anak tetap riang serta gembira,” pungkas Kak Handoko. (SD)
*
*
*

Teks dan Foto : Parsito

Share and Enjoy !