WhatsApp Image 2020-11-20 at 18.41.02

Situasi pandemi seperti saat ini telah menyebabkan hambatan di berbagai bidang kehidupan, termasuk di bidang ekonomi keluarga maupun masyarakat. Oleh karena itu Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso mengajak pengurus Kwarda Papua dan jajarannya memikirkan dan menetetapkan langkah-langkah untuk membantu ketahanan keluarga dan ketahanan ekonomi masyarakat.

Arahan Ketua Kwarnas itu disampaikan Waka Kwarnas/Ketua Komisi Binamuda, Kak Supriyadi di depan forum Musda IX Gerakan Pramuka Papua, Jum’at sore (20/11/2020).

“Program ketahanan keluarga dan ketahanan ekonomi masyarakat sebenarnya sejalan dengan Dasa Karya Gerakan Pramuka yang telah ditetapkan pengurus Kwarnas masa bakti 2018-2023, di samping pendidikan karakter yang harus terus dikembangkan. Ini semua adalah pencerminan dari semangat bela negara dan upaya mewujudkan kode kehormatan Gerakan Pramuka, yaitu Satya dan Darma Pramuka,” ucap Kak Supriyadi membacakan sambutan Ka Kwarnas.

Dalam menjalankan pendidikan karakter itu Ketua Kwarnas menyampaikan Papua merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam hal pendidikan terhadap anak-anak dan remaja, di mana Gerakan Pramuka ikut berperan dalam  pendidikan nonformal. Kita harus berusaha agar upaya Gerakan Pramuka dalam memberikan pendidikan karakter dan pendidikan lainnya yang melengkapi pendidikan di rumah serta pendidikan di sekolah, dapat terus berjalan baik.

“Tujuannya untuk menumbuhkan tunas bangsa yang berkarakter agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu Kak Supriyadi didampingi Ka Kwarda Gerakan Pramuka Papua, Kak Kristhina R.I.L Mano, S.IP,.M.AP menyerahkan Tanda Penghargaan Kwarnas berupa Lencana Melati dan Dharma Bakti kepada para pengurus Kwartir Cabang, Pelatih, dan Pembina Pramuka se-Papua.

Teks : Kak Herman Jaya
Foto : Dok. Humas Kwarda Papua

Share and Enjoy !