WhatsApp-Image-2021-08-04-at-11.46.52

PADANG – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat melakukan audiensi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Rabu (3/8/202). Audiensi ini terkait dengan koordinasi gugus depan yang berpangkalan di SMA, SMK dan SLB di Provinsi Sumatera Barat dengan Kwartir Cabang yang ada di Sumatera Barat.

Hadir dalam audiensi itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Pak Adib Al Fikri dan Kabid SMA, SMK, dan SLB Dinprov Dikbud Sumatera Barat. Pihak Kwarda Gerakan Pramuka Sumbar hadir Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumbar, Kak Nasrul Abit, Ketua Harian, Kak Yulius, Waka Kwarda Bidang Orgakum  Kak Ramli, Wakil Sekretaris, Kak Alwis dan Dewan Kerja Daerah Sumatera Barat.

Kwartir Daerah  Gerakan Pramuka Sumatera Barat merasa perlu adanya penegasan koordinasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat dalam bentuk Surat kepada kepala SMA/SMK selaku Ketua Mabigus Gerakan Pramuka se-Sumatera Barat untuk menggiatkan dan mendukung kegiatan kepramukaan disekolah/gugus depan dengan tetap berkoordinasi dengan kwartir dimana sekolah/gudep pangkalannya.

Langkah ini sebagai upaya mendukung pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor
063 Tahun 2014 tentang pelaksanaan pendidikan kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

“Harapan kami, Dinas Provinsi dapat menyurati hal itu sebagai bentuk penegasan serta penguatan aturan Anggaran Dasar Kepramukaan yang merupakan ekstrakurikuler wajib di sekolah agar koordinasi antara gugus depan dan Kwartir Cabang berjalan baik sehingga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dan diikuti berjalan sesuai dengan aturan”, ungkap Kak Nasrul Abit.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Pak Adib Al Fikri menyambut baik dan
berharap kegiatan pramuka terus berlanjut tanpa menunggu covid-19 mereda.

Pak Adib Al Fikri berharap Pramuka lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembinaan serta giat-giat kepramukaan yang dapat dilakukan walaupun dalam kondisi pandemi ini.

Bahkan pak Adib Al Fikri
mengusulkan untuk roadshow ke Cabang Dinas (Cabdin) yang ada di Sumatera Barat untuk terjun langsung dan tidak hanya sekedar penyuratan tetapi adanya penegasan langsung dengan Kamabigus yang ada di Cabdin dalam waktu dekat.

“Dari dinas pendidikan nanti akan diadakan pertemuan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) untuk mengumpulkan kepala sekolah yang ada di Cabdin tersebut, dan dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat menghadirkan pengurus dari Kwartir Cabang di Cabdin itu, agar kepala sekolah selaku Kamabigus dapat langsung berkoordinasi dengan Kwartir Cabang” Ucap Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat.

Disamping melakukan audiensi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat juga akan melakukan audiensi dengan Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat agar terciptanya koordinasi yang lebih baik dalam melakukan pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka. (Sd.pusinfo.KN)
*
*
*

Teks : Putri
Foto : Humas Kwarda Sumbar



Share and Enjoy !