WhatsApp-Image-2021-04-13-at-11.19.37

PONTIANAK – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat lakukan ziarah ke makam tokoh Pramuka Kalimantan Barat, Senin (12/4/2021).

Ziarah atau disebut juga dengan istilah nyekar, merupakan sebuah budaya yang dilakukan secara turun termurun. Tradisi ini dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia bertepatan dengan momentum menyambut bulan suci Ramadhan.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan dipimpin oleh Kak Putri Rahmadhani, Anggota DKD Kwarda Kalimantan Barat (Kalbar) selaku pimpinan rombongan  dan di dampingi oleh Sekretaris Kwarda Kalbar Kak Iwan Gunawan, ST.

Kegiatan dilaksanakan secara bersama-sama mengunjungi makan makan Tokoh Pramuka di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

Beberapa makam yang di ziarahi antara lain, Makam Alm Kak H. Suriyadi, S.Sos M.Si, Ketua Kwarda Kalbar masa bakti 2010-2020 di Gang Tengah, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota, makam Kak H.M Sadeli, S.H, M.Sc. Ketua Harian Kwarda Kalbar 2009 – 2010 Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, makam Kak H. Hendri Usman di Jl Abdulrahman Saleh Kecamatan Pontianak Tenggara dan makam Kak Drs. H. Daud Mountain, Ka Kwarda Kalbar 1991 – 2000 di Pemakaman Taman Bahagia Jaya Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.
 
Kegiatan ziarah ini di ikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega antar Gugusdepan di lingkungan Kwarcab Kota Pontianak dan sekitarnya.

Ziarah kali ini kita mengajak teman-teman untuk bisa mengingat serta mengenang jasa-jasa para tokoh Pramuka di Kalimantan Barat, ujar Kak Putri selaku pimpinan rombongan. (SD)

Foto dan Teks : Asril Syukrian #ISJ1486 Kwarda Kalbar

Share and Enjoy !