8.6

BANYUMAS – Di tahun terakhir masa baktinya, kepengurusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyumas yang dipimpin oleh Kak Drs Achmad Supartono, M.Si masih menunjukkan eksistensinya sebagai Kwarcab Tergiat di Kwarda Jawa Tengah. Tak tanggung-tanggung pada tahun 2021 ini mereka raih untuk yang ke 33 kalinya sejak tahun 1988.

Penyerahan Tunggul tergiat Hasil kejuaraan Lomba Kwartir Cabang Tergiat Tahun 2020 diserahkan oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko dan Heru Djatmiko kepada Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Banyumas, Kak Achmad Husein dan anggota Mabicab lain, Selasa (30/03/2021) di sela-sela Pembukaan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Banyumas.

Kwarcab Banyumas kembali mendominasi penghargaan, 6 bidang yang dilombakan yang terdiri Bidang Bina Muda, Bina Wasa, Abdimas, Orgakum, Kusapra, Humas. Pada penilaian terkahir ini, Kwarcab Tergiat dibagi menjadi 3 kategori yaitu Kwarcab Papan Utama, Madya dan Purwa.

Kwarcab Banyumas menyapu bersih penghargaan kategori papan utama. Enam Bidang yang dilombakan semua meraih penghargaan tunggul tergiat papan utama, bahkan lima bidang semua menjadi tergiat 1, hanya Bidang Humas yang menjadi tergiat 2.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Sujarwanto  Dwiatmoko saat membacakan sambutan Ketua Kwarda Kak Atiqoh Ganjar Pranowo  yang menyebutlan Kwarcab Banyumas memang istimewa, hal tersebut terbukti selama kepemimpinannya tahun 2016, 2017, 2018, dan 2020 selalu menjadi Kwarcab Tergiat. 
 
Sementara Bupati Banyumas Achmad Husein berpesan agar prestasi yang telah diraih dapat terus dipertahankan, oleh pengurus yang akan datang.

“Setelah lima tahun dipertahan, kepengurusan kedepan juga harus bisa memperthankan,” katanya

Ketua Kwarcab Banyumas, Achmad Supartono menyampaikan terima kasih kepada semua jajaran Kwarcab Banyumas, Ketua Kwarran, Mabigus, Ketua Gugus Depan dan semua pegiat pramuka,  atas kerja keras, dedikasi dan loyalitas yang membuahkan prestasi sebagai Kwartir Cabang Tergiat Papan Utama.

Menurutnya dengan tetap bisa mempertahankan prestasi ini, tentu menjadi semangat bagi jajaran Pengurus di tingkat Kwarcab Banyumas, Kwartir Ranting dan Gugus Depan sebagai ujung tombak pembinaan generasi muda untuk meneruskan dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

“Sebenarnya lomba ini adalah pembinaan dan peningkatan semangat, kemampuan dan prestasi kerja tiap kwartir cabang sebagai upaya meningkatkan mutu peserta didik di Jawa Tengah khususnya dan Gerakan Pramuka pada umumnya,” kata Partono. (SD)

Teks dan Foto : Parsito Humas Kwarcab

Share and Enjoy !