WhatsApp-Image-2021-07-29-at-10.29.46

POHUWATO- Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pohuwato, Kak Nasir Giasi Rabu (28/7/2021) membuka secara resmi kegiatan Pendidikan dan Latihan Pramuka Peduli Kwarcab Gerakan Pramuka Pohuwato Tahun 2021. Kegiatan Diklat berlangsung di Pantai Pohon Cinta Kabupaten Pohuwato.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pohuwato, Kak Nasir Giasi menyampaikan bahwa pendidikan dan latihan (Diklat) Pramuka Peduli selama ini hanya dilakukan tingkat Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo saja dan alhamdulillah hari ini kita, Kwarcab Gerakan Pramuka Pohuwato mampu menyelenggarakan Diklat Pramuka Peduli.

“Saya sangat mengapresiasi dan terima kasih kepada kakak-kakak panitia hari ini dapat menggelar Diklat Pramuka Peduli ditingkat kwarcab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Pohuwato merupakan Kwarcab pertama yang mampu menggelar Diklat Pramuka Peduli”, ujar kak Nasir  Giasi

Kak Nasir menyebutkan daerah Pohuwato termasuk salah satu daerah yang rawan bencana dan itu telah dibuktikan dari beberapa survei, sementara kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Mitigasi Bencana di Pohuwato masih sangat minim. Oleh karena itu Gerakan Pramuka tidak tinggal diam begitu saja karena potensi kader yang begitu banyak yang potensinya belum dimaksimalkan untuk memberi perhatian terhadap masalah bencana itu sendiri.

Ketua Kwarcab berharap lewat Pramuka Peduli, Gerakan Pramuka mampu memberikan stimulus kepada organisasi yang ada di daerah ini untuk kemudian bagaimana fokus dalam mitigasi bencana

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarcab Pohuwato Bidang Abdimasgana dan LH selaku Ketua Pelaksana Diklat, Kak
Iswan Gau menyampaikan Pendidikan dan Pelatihan Satuan Tugas Pramuka Peduli berlangsung selama 4 hari dari tanggal 28 – 31 Juli 2021 di aula Kwarcab dan Pantai Pohon Cinta.

Diklat Pramuka Peduli bertujuan untuk meningkatkan keahlian anggota Pramuka Pohuwato dalam bidang kebencanaan.
 
“Pelatihan ini sangat penting bagi satgas pramuka peduli untuk meningkatkan keahliannya dalam dunia kerelawanan kebencanaan dan kegiatan Pramuka Peduli”, ungkap Kak Iswan Gau

Ketua Pelaksana kegiatan Diklat Pramuka Peduli menyebutkan pamateri diklat utusan dari Basarnas, Tagana, BPBD dan Dinas kesehatan.

Selama diklat, peserta mendapatkan materi tentang manajemen penanggulangan bencana, praktek di laut dengan perahu karet, teori BHD, desk relawan, dan teknis dapur umum, kata Kak iswan yang juga sebagai Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Pohuwato.

Ikut hadir dalam acara pembukaan adalah Tim Basarnas, BPBD, Tagana,Tim Kesehatan Dinas Kesehatan, seluruh Wakil Ketua Kwarcab, dan Ketua Kwartir Ranting se Pohuwato. (Sd.pusinfo.KN)

*
*
*
Teks dan Foto: La Sinta Olu/Humas Kwarcab Pohuwato

Share and Enjoy !