WhatsApp Image 2020-11-13 at 12.38.30

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tangerang bersama Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Tangerang menyelenggarakan Pelatihan Gugus Tugas Pemuda Kota Tangerang pada 7-14 November 2020 di Banksasuci, Bank Sampah Sungai Cisadane.

Kegiatan yang bertujuan untuk Membekali diri untuk siap dan tanggap pada kebencanaan ini dibuka resmi oleh Walikota Tangerang, H. Arief Rachadiono Wismansyah, B.Sc., M.Kes pada 7 November 2020 lalu.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama 8 hari itu dibagi dalam 4 angkatan yang masing-masing diikuti antara 30 hingga 35 orang Pramuka Penegak dan Pandega utusan dari 13 kwartir ranting di wilayah Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tengerang Total jumlah peserta seluruhnya adalah 130 peserta.

Sementara pematerinya dari unsur TNI AL dengan berbai topik, yaitu: pengantar penyelamatan di air (water rescue), pengenalan perahu karet dan motor tempel, praktik dayung perahu karet, penyelamatan di air (water rescue), dan evakuasi SAR.

teknik penyelamatan di udara

Kemudian pemateri kedua diisi oleh pihak  BASARNAS, dengan topik: pengantar (Bencana, MTDB,  Dan DO NO HARM), penyelamatan di ketingggian (Vertical Rescue), pertolongan pertama (first aid), dan praktik penyelamatan di ketinggian (vertical rescue).

Mengingat pelaksanaannya dilakukan pada masa pendemi covid-19 maka kegiatan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Protokol yang diterapkan antara lain: masuk dan keluar lokasi kegiatan selalu cek suhu tubuh, peserta wajib menggunakan masker, makan disiapkan masing-masing menggunakan sendok, dan disediakan tempat cuci tangan berikut sabun serta dibekali hand sanitizer.

Pelatihan Gugus Tugas Pemuda Kota Tangerang ditutup Jum’at, 13 November 2020 oleh Wakil Walikota Tengerang, Drs. H. Sachrudin.

Teks: Saiko Damai

Foto: Dok. Kwarcab Kota Tangerang

Share and Enjoy !