WhatsApp-Image-2021-06-03-at-11.45.24

BANYUMAS – Di tengah pandemi saat ini, Kwarcab Banyumas terus mencari terobosan untuk berinovasi agar anak didik terus berkarya dan tetap produktif dengan adaptasi kebiasaan baru. Meski menemukan kendala dan sulit untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan situasi, dipilihlah lomba mewarnai digital dan membuat komik.

Ketua Kwarcab Banyumas, Kak Achmad Supartono mengatakan setiap kegiatan yang dilaksanakan harus mengikuti aturan yang dibuat pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dan melakukan kegiatan secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Dengan memberikan kesempatan bagi Pramuka untuk menjadi duta perubahan dan pelaku kebiasaan baru, lomba menjadi salah satu motivasi untuk anak didik selama pembelajaran dirumah,” kata Kak Partono usai penyerahan penghargaan kepada pemenang Rabu (02/06/2021).

Partono percaya bahwa
anggota Pramuka telah diajarkan kedisiplinan, keteguhan, kepemimpinan, kesetia kawanan, dan cinta Tanah Air, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan mereka dapat patuh terhadap protokol kesehatan.

Ancu Penggalang Putri, Kak Faiqoh mengatakan tujuan kegiatan lomba ini untuk menggali potensi adik-adik penggalang dalam bidang IT. Selain itu kegiatan ini dimaksudkan agar Pembina Pramuka di gugus depan terus meningkatkan kemampuan diri sehingga dapat terus membimbing peserta didik untuk berkreasi di era digital ini.

“Lomba ini diperuntukkan bagi Pramuka penggalang SMP/MTs Se-kabupaten Banyumas
dengan mengusung tema “Peran serta Pramuka penggalang dalam masa pandemi covid-19,” kata Kak Faiqoh

Juri Pembuatan Komik yang terdiri Rohmanto, Felix Fajar Pujianto dan Dicky Syarif Hidayat menetapkan pemenang kelompok putra adalah juara 1 Handika D.S dari SMPN3 Kedungbanteng, juara 2 Bagas Satriaji dari SMP N 3 Sumbang dan juara 3 Nelmas Adi. S dari SMP Muhammadiyah 1 Wangon. Sedangkan pemenang putri Juara 1. Viola .H & Yumna Kholda SMPN 1 Lumbir, juara 2 Linnajwa Kiasa MTsN 2 Banyumas dan juara 3 Anisa dan Qonita SMPN 8 Purwokerto

Sedangkan untuk pemenang lomba mewarnai digital yang diikuti oleh puluhan Pramuka penggalang di Wilayah Kabupaten Banyumas, kelompok penggalang putra juara 1 Farhan TRI B dari SMPN 3 Banyumas, juara 2 Nyoman Febrian Delano dari SMPN 8 Purwokerto dan juara 3 Dede Saputra dari MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang. Untuk kelompok penggalang putri juara 1 Kaila Leilani Abdul Kodri dari SMPN 2 Purwokerto, juara 2 Roro Novita dari SMPN 3 Banyumas dan juara 3 Madina Nawan Sari dari SMPN 8 Purwokerto. (SD)

Teks : Parsito
Foto : Rochmanto & Parsito

Share and Enjoy !